NEWSTICKER
Diskusi bertajuk 'Omnibus Law untuk Siapa?' di LBH Jakarta. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Diskusi bertajuk 'Omnibus Law untuk Siapa?' di LBH Jakarta. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Omnibus Law Lapangan Kerja Dinilai Tak Perhatikan Kualitas Hidup

Nasional Omnibus Law
Yurike Budiman • 19 Januari 2020 19:12
Jakarta: Draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus law Cipta Lapangan Kerja dinilai tak memperhatikan kualitas hidup pekerja. Pemerintah dinilai cuma menyediakan lapangan kerja bagi pengangguran tidak meningkatkan kualitas hidup manusia.
 
"Hanya sebatas ada tenaga kerja Indonesia, bisa hidup hari ini, bekerja dan tidak mati hari esok. Itulah makna kerja dari RUU Cipta Lapangan Kerja," sindir Koordinator Nasional Perempuan Mahardhika, Mutiara Ika Pratiwi, dalam diskusi publik bertajuk 'Omnibus Law untuk Siapa?' di LBH Jakarta, Minggu, 19 Januari 2020.
 
Ika khawatir bila omnibus law cipta lapangan kerja disahkan teori 'kerja' di Indonesia sama seperti sistem politik patriarki. Yakni, kerja produksi tidak dianggap sebagai kerja yang menopang produksi dan kerja produksi diabaikan serta tidak dinilai sebagai 'kerja'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi, pemerintah gencar mengusung kemudahan investasi dalam omnibus law."Akan ada kemudahan izin, akan ada kemudahan dalam birokrasi. Itu pun sudah terlihat dari fenomena relokasi-relokasi yang terjadi pada pabrik garmen yang mayoritas pekerjanya adalah perempuan. Suatu perusahaan bisa dengan mudah meninggalkan pabriknya dengan pergi begitu saja," papar dia.
 
Ika menuturkan pemindahan pabrik buat mencari daerah yang memiliki upah minimum regional (UMR) lebih rendah dari Ibu Kota. Hal ini dinilai tanpa melihat nasib para pekerja ke depan.
 
"Belum lagi dari aspek lingkungan, dekat sungai atau apa pasti diterabas pemerintah. Kami berupaya menuntut undang-undang yang sebenarnya tidak berpihak pada rakyat dan kemanusiaan," jelas Ika.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif