Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa. Foto: Medcom/Whisnu
Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa. Foto: Medcom/Whisnu

Komisi III Masih Menimbang Sikap Politik Terkait Jiwasraya

Nasional Jiwasraya
Nur Azizah • 16 Januari 2020 14:37
Jakarta: Komisi III DPR belum memutuskan sikap politik dalam menyikapi kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya. Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J. Mahesa menyebut belum ada kepastian apakah bakal membentuk panitia kerja (panja) atau panitia khusus (pansus).
 
"Kita masih ada rapat lanjutan dengan Jaksa Agung. Kita akan evaluasi apa perlu panja atau tidak," kata Desmond di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Januari 2020.
 
Desmond menyebut komisi hukum DPR tak mau gegabah menentukan sikap politik terkait Jiwasraya. Ia tak ingin pembentukan kepanitiaan tak menimbulkan solusi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jangan sampai hal-hal yang tidak penting kita bikin panja, kita bikin Pansus yang solusinya enggak ada," tuturnya.
 
Desmond tak ingin pembentukan panja atau pansus justru berujung merugikan nasabah Jiwasraya. Politikus Partai Gerindra itu ingin ada solusi nyata untuk kasus gagal bayar perusahaan asuransi pelat merah itu.
 
"Hari ini kita bikin panja untuk membantu masyarakat yang kurang jelas menjadi jelas, mendistribusi keadilan. Kalau panja dan pansus bisa mengayomi masyarakat tidak?" ungkapnya.
 
Menurut Desmond, DPR maupun pemerintah harus menelisik secara menyeluruh permasalahan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Peran pengawas lembaga keuangan seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) harus ditinjau kembali.
 
"Lalu, apa yang dilakukan Jaksa Agung dengan menahan itu (tersangka)? Kalau sudah sesuai dengan prosedur hukum apa kita perlu panja dan pansus? kan ini dulu berhati-hati dalam menyikapinya," pungkas dia.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif