Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

DPR Diminta Tetap Bahas PKPU Selama Reses

Nasional Virus Korona pilkada serentak
Anggi Tondi Martaon • 12 Mei 2020 01:02
Jakarta: Komisi II DPR diminta tetap membahas peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) selama reses. Aturan ini sangat dibutuhkan sebagai landasan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.
 
"Jadi mau tidak mau harus ada upaya ekstra untuk memastikan KPU tidak terganggu kerjanya," kata Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini kepada Medcom.id, Senin, 11 Mei 2020.
 
Menurut dia, KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tidak bisa sendiri menyusun PKPU. Hasil penyusunan wajib dikonsultasikan bersama kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi II.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Proses konsultasi diyakini tidak berlangsung cepat. Pasalnya, ketiga pihak harus menyusun berbagai penyesuaian tahapan. PKPU juga tidak boleh bertentangan dengan protokol pencegahan penyebaran virus korona (covid-19).
 
Ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan pada tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020. Hal ini meliputi aktivitas yang melibatkan orang banyak, seperti verifikasi faktual syarat dukungan perseorangan; pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih; dan kampanye.
 
"Aturan yang ada saat ini tidak compatible dengan penanganan pandemi," ungkap dia.
 
Selain penyesuaian, PKPU mengatur tentang waktu pelaksanaan rangkaian Pilkada 2020. Kepastian waktu sangat dibutuhkan untuk menyusun persiapan penyelenggaraan.
 
Baca: KPUD Diminta Tunggu Penyesuaian Anggaran Pilkada
 
"Jadi KPU harus segera mengetahui soal tahapan dan jadwal bagaimana sesungguhnya tahapan dan jadwal seperti apa karena itu yang paling ditunggu pemangku kepentingan," ujar dia.
 
DPR memasuki masa reses pada Kamis, 21 Mei 2020. Kegiatan di luar masa sidang itu berlangsung hingga Jumat, 12 Juni 2020.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif