Presiden Joko Widodo dan jajarannya/ANT/Puspa P
Presiden Joko Widodo dan jajarannya/ANT/Puspa P

Jokowi: Pandemi Covid-19 Paksa Orang Kota Pindah ke Desa

Nasional Virus Korona presiden jokowi
Nur Azizah • 24 September 2020 13:25
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut pandemi covid-19 telah menciptakan ruralisasi. Masyarakat kota berbondong-bondong pindah ke desa untuk mencari pekerjaan.
 
"Pandemi bukan hanya menghantam seluruh masyarakat di perkotaan tetapi juga di perdesaan. Dan ketika terjadi krisis ekonomi di perkotaan, maka desa menjadi penyangga. Karenanya terjadinya arus balik. Perpindahan penduduk dari kota ke desa, bukan urbanisasi tetapi ruralisasi," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 24 September 2020.
 
Jokowi ingin pandemi menjadi momen yang tepat untuk menginstal ulang perekenomian di desa. Harus ada strategi besar dalam mereformasi ekonomi desa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya ingin menegaskan lagi bahwa pandemi yang tengah kita hadapi harus menjadi sebuah momentum untuk menginstal ulang, memperbaiki lagi, melakukan reform, mengenai strategi besar dalam transformasi ekonomi desa," ujar Jokowi.
 
Baca: Jokowi: Bantuan Covid-19 Harus Efektif dan Tepat Sasaran
 
Kepala Negara ini meminta agar jaring pengaman sosial diserahkan kepada warga desa yang membutuhkan. Ini untuk menghidupkan perekonomian di sana.
 
"Dalam jangka pendek semua skema program yang berkaitan dengan jaring perlindungan sosial, seperti bansos tunai, betul betul harus kita pastikan tepat sasaran dan berjalan efektif," katanya.
 
Begitu juga dengan pelaksanaaan padat karya tunai. Program tersebut harus harus dikawal sehingga bisa mengurangi beban masyarakat desa yang kehilangan dan kesulitan mencari kerja.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif