Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A

Jokowi Pelototi Langsung Serapan Anggaran Tiap Kementerian

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 30 Juni 2020 10:59
Jakarta: Presiden Joko Widodo menegaskan bakal mengawasi serapan anggaran di tiap kementerian dan lembaga. Dia tak segan menegur menteri atau kepala lembaga bila tak sesuai harapan.
 
"Saya kemarin sudah perintahkan seluruh kementerian/lembaga agar mengeluarkan belanja-belanja yang ada dan saya pantau setiap hari," kata Jokowi di Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 30 Juni 2020.
 
Dia mengaku mempunyai catatan serapan anggaran tiap kementerian. Jokowi memastikan memanggil menteri yang serapan kementeriannya rendah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sekarang tahu setiap hari kementerian ini sudah keluar berapa persen, lembaga ini sudah keluar berapa persen, kalau masih rendah saya telepon langsung saya tegur. Langsung menterinya atau kepala lembaganya," tegas Jokowi.
 
(Baca: Kinerja Kemenkes Lagi-lagi Disentil Jokowi)
 
Kepala Negara ingin uang mengalir ke masyarakat dengan cepat. Dia tidak mau melihat rakyat makin susah di tengah pandemi covid-19 (korona).
 
"Jangan kita biarkan uang yang beredar ini semakin kering dan sedikit. Harus terus belanja kita dorong agar peredaran uang di masyarakat semakin banyak," tutur dia.
 
Sebelumnya, Jokowi menyoroti laporan belanja di kementerian-kementerian yang masih biasa saja. Jokowi memerintahkan anggaran yang telah dikeluarkan segera diberikan kepada masyarakat.
 
"Misal bidang kesehatan dianggarkan Rp75 triliun baru keluar 1,35 persen coba, uang beredar kerem di situ semua," kata Jokowi saat Sidang Kabinet Paripurna pada 18 Juni 2020.
 
Dia memerintahkan uang segera dikeluarkan dengan penggunaan tepat sasaran. Jokowi menyebut pembayaran tunjangan untuk dokter, dokter spesialis, tenaga medis, belanja untuk peralatan harus segera dikeluarkan.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif