Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A

Pakar Gestur: Presiden Serius Akan Reshuffle Kabinet

Nasional Virus Korona
Kautsar Widya Prabowo • 29 Juni 2020 15:58
Jakarta: Pakar gestur dan ekspresi Monica Kumalasari menilai Presiden Joko Widodo serius untuk melakukan perombakan kabinet (reshuffle). Jokowi tampak geram dengan kinerja jajaran kabinetnya yang tidak memiliki progres signifikan.
 
"Beliau akan melakukan reshuffle dan membubarkan lembaga ini menjadi penekan beliau," ujar Monica kepada Medcom.id, Senin, 29 Juni 2020.
 
Tanggapan Monica ini menanggapi viralnya video yang diunggahSekretariat Presiden di kanal Youtube pada Minggu, 28 Juni 2020. Video itu sejatinya adalah arahan presiden pada 10 hari sebelumnya, yakni pada rapat terbatas di Istana Presiden pada 18 Juni.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Monica, perilisan video yang baru dilakukan kemarin pun punya maksud tersendiri."Ini adalah introduction. Akan ada kebijakan baru dari beliau. Atau melakukan reshuffle atau membubarkan lembaga," tuturnya.
 
Baca: Kinerja Kemenkes Lagi-lagi Disentil Jokowi
 
Dalam rapat terbatas itu, Presiden memerintahkan semua kementerian dan lembaga bekerja serius di tengah pandemi covid-19. Jokowi tak segan merombak kabinet bila tidak ada progres yang baik terkait penanganan covid-19 ke depan.
 
"Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle (kabinet). Sudah kepikiran ke mana-mana saya," tegas Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 18 Juni 2020.
 
Jokowi menegaskan pandemi covid-19 dapat mengancam keselamatan 267 juta penduduk Indonesia. "Lah kalau Saya lihat Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara masih melihat ini sebagai (kondisi) normal, berbahaya sekali," tegas dia.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif