Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: MI/Bary Fatahilah
Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: MI/Bary Fatahilah

Wimar: SBY Santun tapi Tidak Cerdik

Nasional presiden sby
Nur Azizah • 19 Agustus 2017 01:00
medcom.id, Jakarta: Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) rajin bergerilya ke sejumlah tokoh politik beberapa waktu lalu. Upaya mantan Presiden keenam ini disebut-sebut untuk mengantarkan anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono ke pemilihan Presiden 2019.
 
"Bagus dia bergerilya. Kebetulan dia punya anak dan ya disuruh berpolitik. Jadi itu hak dia. Saya senang dia berusaha," kata mantan Juru Bicara Mantan Presiden Abdurahman Wahid Wimar Witoelar di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Agustus 2017.
 
Kendati SBY sempat memimpin Indonesia selama dua periode, namun dia tak menganggap SBY sebagai seorang politikus. SBY bisa menjadi presiden hanya karena dukungan semata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dia itu seperti orang yang enggak pernah main tenis tapi ikut Wimbledon (kompetisi tenis). Babak pertama kalah," ucapnya.
 
Kendati demikian, Wimar menilai SBY sebagai sosok yang santun. Namun, bukan orang yang cerdik seperti Jokowi.
 
"Saya pernah satu kantor sama dia. Dia orang baik, santun tapi bukan orang cerdik," cetus Wimar.
 
Sebaliknya, Wimar memuji usaha Jokowi untuk mempertemukan mantan Presiden RI. Khususnya, Megawati Soekarnoputri dengan SBY.
 
"Dia (Jokowi) selalu cerdik," imbuh dia.
 
Pujian Wimar ke Jokowi bukan tanpa alasan. Wimar menilai, Jokowi piawai dalam menciptakan momen yang berarti dan sejuk. Padahal, lanjut dia, Jokowi tak memiliki alat politik yang berat.
 
"Dia tidak punya alat politik berat, tidak punya partai, tidak punya tentara, pembantunya banyak yang engga bener tapi dia selalu cerdik. Dia bukan planga-plongo tapi dia membuat lawannya planga-plongo," tutur Wimar.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif