Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (kedua dari kiri) dalam diskusi dengan media di Jakarta, Kamis, 29 Agustus 2019. Foto Medcom.id/Indra Maulana
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (kedua dari kiri) dalam diskusi dengan media di Jakarta, Kamis, 29 Agustus 2019. Foto Medcom.id/Indra Maulana

Jakarta Didorong Jadi Pusat Bisnis ASEAN

Nasional Ibu Kota Baru
Indra Maulana • 29 Agustus 2019 17:15
Jakarta: Pemindahan ibu kota dipastikan tidak bakal meninggalkan pembangunan di Jakarta. Rencana ini justru menjadi momentum bagi Jakarta untuk dirancang menjadi kota berlevel tinggi di kawasan regional ASEAN.
 
“Jakarta didorong akan menjadi kota bisnis berskala regional, paling tidak kompetitif di level ASEAN. Pusat bisnis juga tetap di Jakarta” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro di salah satu hotel di Jakarta, Kamis, 29 Agustus 2019.
 
Menurut dia, Jakarta tetap menjadi pusat perekonomian, bisnis, dan keuangan. Bahkan, Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tetap berada di Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Key message-nya adalah membangun pusat pemerintahan baru, bukan meninggalkan Jakarta” ujar Bambang.
 
Presiden Joko Widodo mengumumkan sebagian kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, akan menjadi lokasi ibu kota baru. Lokasi itu dipilih karena minim risiko bencana, seperti banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, dan tanah longsor.
 
Wilayah itu dianggap strategis karena berada di tengah Indonesia. Selain itu, kawasan ini diapit wilayah perkotaan yang sedang berkembang, Balikpapan dan Samarinda. Sejumlah infrastruktur pendukung juga tersedia di wilayah tersebut.
 
"Wilayah itu juga telah tersedia lahan yang dikuasai pemerintah seluas 180 ribu hektare," kata Jokowi.
 
Jakarta, sambung Jokowi, tetap menjadi wilayah nomor satu di sektor ekonomi. Posisi Jakarta sebagai pusat perdagangan tak berubah kendati ibu kota negara berpindah ke Kalimantan Timur.
 
"Jakarta tetap menjadi prioritas pembangunan," tegas Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 26 Agustus 2019.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif