Surya Paloh Yakin PAN Paham tak Diundang Pertemuan Sekjen Koalisi

Yogi Bayu Aji 08 Mei 2018 19:04 WIB
pilpres 2019
Surya Paloh Yakin PAN Paham tak Diundang Pertemuan Sekjen Koalisi
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh - MI/Pius Erlangga.
Medan: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku tak tahu alasan Partai Amanat Nasional (PAN) tidak diundang dalam pertemuan seketaris jenderal (sekjen) partai koalisi dengan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Surya menilai PAN mestinya yang memahami masalah ini.

"Ya yang paling tahu PAN kenapa dia enggak diundang. Coba tanya PAN, 'Eh Mister PAN atau saudara-saudara kita dari PAN kenapa enggak diundang oleh partai koalisi,' misalnya," kata Surya Paloh usai rapat koordinasi wilayah (rakorwil) di Hotel JW Marriott, Medan, Sumatra Utara, Selasa, 8 Mei 2018.

Meski demikian, Surya menilai positif pertemuan sekjen partai koalisi yang digagas pemerintah. Menurut dia, acara itu pantas untuk merapatkan barisan pemerintah.


(Baca juga: PAN Cuek soal Pertemuan Sekjen Parpol Koalisi Pemerintah)

Di sisi lain, Surya menghargai sikap PAN yang terkadang bertentangan dengan koalisi pemerintah. Sikap itu dianggap wajar dalam mengutarakan pendapat dalam suatu masalah. 

"Kan enggak semua harus sama, dalam pemahaman kalau itu sebagai uji coba, bagaimana memperkenalkan metode pendekatan, dan daya approach dari institusi partai politik. Kalau itu prinsip dasarnya saya pikir itu sah," jelas dia.

Surya menyerahkan nasib PAN di koalisi kepada Presiden Joko Widodo. Presiden dianggap yang paling berhak untuk menentukan sikap terhadap suatu partai. 

"Kalau Presiden menganggap (sikap PAN) itu cocok, pantas, tepat, kita pahami pasti ada satu kebijakan ada satu pemikiran ada satu strategi bahkan mungkin yang dipikirkan bahwa inilah yang paling cocok kebijakan seperti ini. (Presiden) bisa terima pikiran-pikiran bisa terima gaya yang berbeda-beda," jelas dia.

(Baca juga: PAN Dituding tak Berinisiatif Hadiri Pertemuan dengan Menseskab)
 



(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360