Jokowi-Ma'ruf Punya 8 Jubir
Pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin saat hadir pada pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden di Gedung KPU. Foto: MI/Susanto.
Jakarta: Koalisi Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 bakal membatasi jumlah juru bicara (jubir) dalam tim kampanye nasional. Dari ratusan anggota tim kampanye, hanya delapan orang yang bakal ditetapkan sebagai juru bicara.

"Yang pasti kalau dilihat susunannya hanya ada delapan jubir yang ada di tim pemenangan ini," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perindo Ahmad Rofiq di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 19 Agustus 2018.

Rofiq menyataka  para juru bicara nanti lebih banyak berasal dari partai politik. Sebagian lain berasal dari kalangan profesional. Namun, ia masih enggan memerinci nama delapan juru bicara yang ditetapkan.


"Saya lupa. Tapi kalau boleh saya sebut yang dari partai Perindo ya Arya Sinulingga. Yang lain aku lupa," ujarnya. 

Secara menyeluruh, ada 112 anggota tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf Amin. Mereka terbagi dalam 11 direktorat dan dua bidang setara direktorat. 

Baca: Din Syamsudin Masuk Radar Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin

Susunan tim kampanye ini bakal diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) besok. Sehari jelang diserahkan, hanya nama ketua tim pemenangan yang masih kosong. Rencananya nama ketua tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin bakal diumumkan langsung Jokowi.

Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate menyebut para sekjen parpol koalisi berharap nama ketua tim pemenangan sudah diumumkan Jokowi sebelum dokumen susunan tim kampanye diserahkan ke KPU. 

Sejauh ini, setidaknya ada tiga nama yang disebut-sebut potensial jadi ketua tim kampanye Jokowi-Ma'ruf. Mereka adalah mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin, eks Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) As'ad Said Ali, dan pengusaha Chairul Tanjung.



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id