Kalla Minta PM Tiongkok Memprioritaskan TKI
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) menyampaikan paparan disaksikan Perdana Menteri Cina Li Keqiang pada Indonesia-China Business Summit di Jakarta, Senin (7/5). Foto: Antara/Wahyu Putro A
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan hubungan ekonomi Indonesia dan Tiongkok terus meningkat setiap tahun. Kalla bahkan meminta Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang memprioritaskan tenaga kerja Indonesia (TKI).

Kalla menyanjung jumlah investasi Tiongkok di Indonesia. Tak hanya investasi di bidang fisik seperti infrastruktur, Tiongkok juga aktif berinvestasi di bidang ekonomi digital seperti e-commerce.

Kalla berharap, kedua negara saling mendukung untuk meningkatkan investasi di Indonesia. "Peningkatan di sektor industri manufaktur, industri pengolahan, pembangunan infastruktur, dan peningkatan investasi dengan penekanan memprioritaskan TKI," kata Kalla di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin, 7 Mei 2018.


Politikus senior Partai Golkar itu juga berharap Tiongkok meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan. Tiongkok diharapkan mengimpor produk unggulan Indonesia untuk menyeimbangkkan neraca perdagangan.

Baca: Jokowi Minta Hong Kong Melindungi TKI

Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menanggapi positif ajakan peningkatan kerja sama perekonomian yang disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Li menyebut, perekonomian kedua negara memiliki kesamaan.

Li menambahkan, pelaku bisnis dan pemerintah kedua negara punya kepentingan yang sama untuk merajai pasar Asia. Lagipula, Indonesia dan Tiongkok memiliki pasar domestik yang luar biasa besar.

"Kedua negara ini menikmati pasar domestik dan saling bantu satu sama lain," kata Li.

Li menilai ekonomi kedua negara yang terus berkembang akan memberikan pesan kepada masyarakat dunia. Saat ini, Indonesia dan Tiongkok terus meningkatkan kerja sama perdagangan.

Kalla dan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menghadiri pertemuan bisnis pengusaha Indonesia-Tiongkok. Pertemuan ini dihadiri 300 pengusaha Tiongkok dan 300 pengusaha Indonesia. Dalam pertemuan yang diawali makan malam ini juga hadir Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.



(DMR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360