Kalla Yakin Pilpres 2019 Minim Gesekan

Desi Angriani 11 Agustus 2018 00:38 WIB
pilpres 2019
Kalla Yakin Pilpres 2019 Minim Gesekan
Wakil Presiden Jusuf Kalla. MI/Adam Dwi.
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai Pilpres 2019 bakal berjalan lancar dan aman tanpa kekerasan. Karena, pertarungan Pilpres 2019 melibatkan ulama dan pengusaha.

"Saya yakin pemilu ini akan soft, tentu tidak akan saling (serang), ada ulama, ada pengusaha, biasanya tidak akan main keras," kata Kalla di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat, 10 Agustus 2018.

Baca: Kalla Atur Strategi Pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019


Kalla mengaku telah memprediksi perubahan pasangan calon di menit-menit terakhir pendaftaran. Ia pun berharap, Pilpres 2019 berjalan dami demi keutuhan negara.

Kalla tak tahu alasan Jokowi memilih Ketua MUI Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya. Ia juga tak tahu alasan Prabowo menunjuk mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

"Tentu ada alasan dan pertimbangan masing-masing, saya sendiri tidak mengetahui soal pasangan masing-masing, seperti pertimbangan kenapa Pak Sandi, kenapa Pak Ma`ruf. Saya tentu berada di luar itu," jelas Kalla.

Sehari menjelang pendaftaran di KPU, Presiden Jokowi dan partai koalisi memutuskan Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2019. Sedangkan kubu seberang memutuskan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebagai calon pendamping Prabowo Subianto.

Baca: Kalla Apresiasi Megawati Satukan Parpol Mendukung Jokowi-Ma'ruf

Pasangan Jokowi-Ma`ruf mendaftar ke KPU RI pukul 09.00 WIB. Mereka diusung enam partai politik yang berada di parlemen, yaitu Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Pasangan ini juga didukung tiga partai di luar parlemen, seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, dan PKPI.

Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga hadir ke KPU RI pukul 13.00 WIB dengan diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN).



(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id