NEWSTICKER
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers

Jokowi Perintahkan Skenario Penanganan Virus Korona Disiapkan

Nasional virus korona
Nur Azizah • 04 Februari 2020 10:24
Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya menyiapkan skenario penanganan virus Korona. Ini untuk mengantisipasi virus tipe Novel Coronavirus itu menjangkiti Tanah Air.
 
"Hati-hati dengan ini. Kita harus punya skenario kalau itu terjadi. Tapi semoga tidak terjadi di negara kita," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sentul Internasional Convention Center, Bogor, Selasa, 4 Februari 2020.
 
Jokowi ingin jajarannya menyiapkan lokasi hingga langkah-langkah penanganan. Dia ingin semua bersiap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena kalau tidak kita akan gagap," tegas dia.
 
Jokowi gembira evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Tiongkok ke Natuna berjalan lancar. Dia menilai kementerian terkait bekerja cepat dan sigap.
 
"Hal seperti ini yang saya apresiasi," kata Jokowi.
 
Jokowi Perintahkan Skenario Penanganan Virus Korona Disiapkan
238 WNI dari Wuhan tiba di Natuna, Kepulauan Riau. Foto: Kementerian Luar Negeri
 
Jokowi bakal menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri membahas penanganan virus korona sore nanti. Rapat diadakan di Istana Negara, Bogor.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan wabah virus korona menjadi darurat kesehatan global. Jumlah kematian melonjak menjadi 425 orang dan menginfeksi 19.550 orang
per Selasa, 4 Februari 2020.
 
Infeksi virus korona telah bermunculan di sedikitnya 25 negara. Sejumlah negara beramai-ramai mengevakuasi warga mereka dari Wuhan, Hubei tempat pertama kali virus terdeteksi.
 
Jepang, Amerika Serikat, Jerman hingga Indonesia telah mengevakuasi warga masing-masing. Sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) dievakuasi dan sedang menjalani masa observasi selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif