NEWSTICKER
Ilustrasi virus korona. Dok/Medcom
Ilustrasi virus korona. Dok/Medcom

Masyarakat Diimbau Mematuhi Seruan Pemerintah Cegah Covid-19

Nasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Medcom • 20 Maret 2020 16:17
Jakarta: Eskalasi penyebaran virus korona (covid-19) terus meningkat di sejumlah daerah. Pemerintah pun telah mengimbau masyarakat bersama-sama melakukan pencegahan agar penularan wabah covid-19 tidak makin meluas.
 
Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza meminta masyarakat benar-benar mematuhi imbauan pemerintah. Sehingga pandemi covid-19 bisa segera tertangani.
 
"Saya mengimbau agar seluruh warga dapat menjalankan seruan pemerintah untuk membatasi kegiatan di luar rumah atau social distancing," ujar Faisol kepada Medcom.id, Jumat, 20 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bila seruan itu dipatuhi bersama-sama, Faisol yakin wabah virus korona bisa teratasi dengan baik. Faisol mengatakan pencegahan penularan korona membutuhkan kerja ekstra dan sinergi semua lapisan masyarakat.
 
"Penanganan serba ekstra ini untuk menghindari dampak kerugian lebih besar bagi bangsa Indonesia," ujar Ketua DPP PKB itu.
 
Anggota DPR RI dari Dapil Probolinggo-Pasuruan, Jawa Timur itu menambahkan, "Insyaallah kita bersama bisa menjaga lingkungan, keluarga kita dari penyebaran virus korona (covid-19)."
 
Hal serupa juga disampaikan Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Dia meminta semua pihak untuk mengikuti permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar masyarakat melakukan social distance (menjaga jarak) guna mencegah penularan Covid-19.
 
Masyarakat Diimbau Mematuhi Seruan Pemerintah Cegah Covid-19
Ilustrasi virus korona. Grafis/Medcom
 
Pemerintah daerah, pemerintah kota dan semua jajaran serta pemangku kepentingan juga diminta aktif menyosialisasikan pemahaman mengenai social distance ini agar dapat berjalan efektif.
 
"Kegiatan social distance atau social distancing dilakukan sebagai strategi guna mencegah atau memperlambat penyebaran virus. Bisa juga dimaknai sebagai upaya karantina diri, sementara waktu menjauhkan diri satu sama lain agar tidak tertular," ujar Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat, dalam pernyataan persnya, Senin, 16 Maret 2020.
 
Untuk efektivitas, ungkap Rerie, butuh kerja sama dan kesadaran dari semua pihak agar disiplin dalam melaksanakannya. Di sisi lain, perlu aturan turunan yang mendukung pelaksanaannya.
 

(MBM)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif