Ilustrasi BPJS Kesehatan. Antara/M Risyal Hidayat
Ilustrasi BPJS Kesehatan. Antara/M Risyal Hidayat

Penaikan Iuran Diprediksi Buat BPJS Kesehatan Makin Defisit

Nasional BPJS Kesehatan
Anggi Tondi Martaon • 17 Mei 2020 15:32
Jakarta: Penaikan iuran dianggap bukan solusi mengatasi defisit anggaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sebaliknya, kebijakan tersebut justru memperparah kondisi keuangan asuransi pelat merah tersebut.
 
"Karena orang-orang akan ramai-ramai pindah kelas. Dari kelas I dan II bisa saja pindah ke kelas III," kata Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani di Jakarta, Minggu, 17 Mei 2020.
 
Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga meyakini penaikan tersebut bakal membuat semakin banyak peserta tidak membayar iuran. Sikap tersebut sebagai bentuk protes terhadap kebijakan yang dianggap memberatkan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bahkan dapat menjadi pemicu lahirnya sikap pembangkangan massal karena merasa terlalu ditekan dalam kehidupan yang makin sulit," ungkap dia.
 
Baca: Pajak Rokok Disebut Bisa Tambal Defisit BPJS Kesehatan
 
Selain itu, Netty menjelaskan jika landasan Mahkamah Agung (MA) membatalkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan karena permasalahan manajemen. Seharusnya, masalah tersebut yang harus diselesaikan pemerintah.
 
"Keuangan BPJS tidak transparan, ditambah lagi bonus yang berlebihan untuk pejabat BPJS, juga banyak perusahaan yang tidak bayar BPJS, harusnya ini yang dikoreksi bukan malah menambah beban rakyat," sebut dia.
 
Netty meminta agar pemerintah tidak bermain-main dan mengakali hukum dengan menerbitkan Perpres Nomor 64 Tahun 2020. Pemeritah, katanya harus menjadi contoh sebagai institusi yang baik dan taat pada hukum.
 
"Sedih melihat nasib rakyat Indonesia, sudah jatuh dihantam pandemi korona kini tertimpa tangga BPJS" ujar dia.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif