Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate. Foto: MI/Rommy Pujianto
Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate. Foto: MI/Rommy Pujianto

Menteri Johnny: Yang Tak Dukung Digitalisasi TV Hambat Kebijakan Jokowi

Nasional televisi digital
Cindy • 08 Juli 2020 01:22
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan mempercepat digitalisasi televisi nasional. Menkominfo Johnny G. Plate mengingatkan seluruh pihak yang tak sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo sama dengan menghambat misi besar pemerintah.
 
"Percepatan digitalisasi televisi merupakan agenda besar pembangunan nasional yang harus segera diwujudkan bersama-sama dengan dukungan kuat dari semua pihak," ujar Johnny lewat konferensi pers secara daring, Selasa, 7 Juli 2020.
 
Johnny membeberkan sejumlah alasan perlunya percepatan digitalisasi televisi nasional. Pertama, dari sisi perekonomian dan perkembangan digitalisasi penyiaran global.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, sistem digitalisasi Indonesia jauh tertinggal dari negara tetangga. Sejak World Radio Conference (WRC) 2007, seluruh negara di dunia telah menyepakati untuk menuntaskan analog switch off (ASO) pada 2015.
 
Johnny menyontohkan Jepang sudah selesai digitalisasi pada 2011, Korea Selatan pada 2012, Malaysia dan Singapura pada 2019 serta Thailand dan Vietnam secara bertahap tahun ini.
 
"Masyarakat di sana sudah dapat menikmati siaran televisi dengan teknologi digital. Dengan kualitas suara sangat baik dan pilihan program siaran lebih beragam," ujarnya.
 
Kedua, Presiden Joko Widodo telah mencanangkan percepatan transformasi digitalisasi Indonesia. Sehingga digitalisasi televisi menjadi salah satu agenda penting pemerintah. Johnny meminta seluruh pihak mendukung kebijakan nasional itu.
 
"Pihak-pihak yang tidak sejalan atau berlawanan arah dengan kebijakan ini sama dengan tidak mengikuti atau menghambat misi besar pemerintah untuk percepatan transformasi digital Indonesia," tegas Johnny.
 
Ketiga, digitalisasi harus segera dilakukan demi kepentingan seluruh rakyat Indonesia. Masyarakat telah dirugikan karena memiliki televisi pintar (smart TV) namun tidak dapat menggunakannya secara maksimal.
 
"Karena kualitas tayangan tidak sesuai dengan perangkat teknologi yang mukhtahir mereka miliki," ucap Politikus Partai NasDem itu.
 
Sehingga, program digitalisasi televisi nasional ini perlu dipercepat guna menghasilkan kualitas penyiaran yang lebih efisien dan optimal untuk kepentingan masyarakat. Keempat, sisi kepentingan industri penyiaran Indonesia. Menurut dia, digitalisasi akan meningkatkan efisiensi kinerja industri penyiaran tanah air.
 
"Para pengusaha dan investor di sektor industri penyiaran perlu segera membangun sinergi untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan ASO menuju televisi digital Indonesia," kata Johnny.
 
Kelima, sisi penambahan frekuensi televisi. Pasalnya, frekuensi dapat di tata ulang untuk penyediaan layanan publik dan layanan internet lebih cepat. Johnny membeberkan sejumlah negara di dunia telah memanfaatkan hasil efisiensi spektrum frekuensi yang dihasilkan dari digitalisasi penyiaran televisi untuk meningkatkan akses internet kecepatan tinggi.
 
Sehingga kecepatan 328 MHz yang saat ini digunakan untuk penyiaran televisi analog yang diefisiensi tersebut dapat menampilkan jangkauan dan kualitas internet lebih baik di tanah air.
 
"Dengan demikian, pemanfaatan spektrum frekuensi akan semakin efisien, daya saing industri penyiaran akan meningkat, serta tingkat Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) juga akan semakin optimal," ungkap dia.
 
Terakhir, hubungan antarnegara. Bila Indonesia terlalu lama menyelesaikan isu analog switch off, akan muncul potensi permasalahan dengan negara tetangga khususnya wilayah perbatasan.
 
Johnny menuturkan negara tetangga telah berhasil mengoptimalkan digitalisasi sementara Indonesia masih menggunakan sistem analog. Sehingga spektrum frekuensi harus segera diharmonisasi dengan negara tetangga agar tidak timbul persoalan.
 

(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif