Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

TNI Butuh Anggaran Lebih jika Berantas Teroris

Nasional terorisme
Candra Yuri Nuralam • 19 Mei 2020 21:45
Jakarta: TNI bisa disuntikkan banyak dana jika ikut memberantas teroris berdasarkan peraturan presiden (perpres) tentang tugas TNI dalam mengatasi terorisme. Hal itu diperlukan agar tidak memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
"Perpres ini pendanaan operasi militer selain perang oleh TNI termasuk dalam terorisme adalah APBN, APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah), dan juga sumber pendanaan lain yang sah dan tidak mengikat," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Rumadi Ahmad dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Menurut dia, selama ini TNI hanya menggunakan APBN untuk seluruh operasinya. Tentunya, TNI butuh anggaran lebih jika memiliki beban untuk memberantas terorisme di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Landasan penggunaan dana lain selain APBN itu merujuk pada Pasal 27 Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional dan Pertahanan Negara. Sumber pendanaan terkait pertahanan negara meliputi APBN, APBD, dan sumber pendanaan lain yang tidak mengikat.
 
Namun, penggunaan dana ini masih dalam kajian lantaran menimbulkan pro kontra. Setiap kritik masyarakat masih akan didengar pemerintah.
 
"Nah di sini merupakan bagian yang masih banyak dikritik masyarakat sipil seperti, 'Nanti kalau ada APBD berarti akan ada perlibatan APBD dalam operasi TNI atau sumber pendanaan lain apa'," ujar Rumadi.
 
Baca: Draf Perpres Pelibatan TNI Belum Disetor ke Presiden
 
Pemerintah meminta masyarakat tak khawatir dengan penyelewengan anggaran TNI untuk penanganan terorisme. Seluruh pelanggaran hukum akan mendapatkan konsekuensi.
 
"Terkait dengan sistem peradilan kita punya sistem peradilan masing-masing. Militer punya sistem peradilan militer, umum punya koridornya sendiri," tutur Rumadi.

 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif