Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: MI/Mohamad Irfan
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: MI/Mohamad Irfan

Surya Paloh Ungkap Hebatnya Indonesia di Mata Dunia

Nasional surya paloh
MetroTV • 14 Agustus 2019 19:57
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengenang bagaimana Indonesia pada tahun 60-an bisa membuktikan kehebatannya pada bangsa lain. Meski didera krisis ekonomi, saat itu Indonesia mampu menyelenggarakan Asian Games ke-2 tahun 1962 di Jakarta.
 
Surya mencatat, saat itu kondisi ekonomi Indonesia belum stabil. Hal itu terlihat dari dua indikasi, salah satunya tingkat inflasi yang mencapai di atas 500 persen.
 
"Pertama, kesulitan kita untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok kita. Sandang, pangan, papan. Kemudian inflasi yang luar biasa," kata Surya saat memberikan kuliah umum kebangsaan di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, menurut Surya, saat itu, negara-negara lain terpesona dengan Indonesia karena mampu mengelar Asian Games di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil. Bahkan, Indonesia kala itu berhasil menduduki posisi nomor dua, di bawah Jepang.
 
"Di tengah-tengah kondisi morat-marit, satu hal yang saya kagumi. Kita merasa bangga, merasa hebat, hadir, dan bisa menjadi warga negara Indonesia," ucap dia.
 
Asian Games 1962 merupakan penyelenggaraan Pesta Olahraga tebesar se-Asia yang digelar pertama kali di Indonesia. Indonesia baru bisa kembali menjadi tuan rumah Asian Games 46 tahun mendatang pada tahun 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang. (Sheren Oliviani)
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif