Budayawan Benny Susetyo. (MI/Arya Manggala)
Budayawan Benny Susetyo. (MI/Arya Manggala)

Hoaks Bentuk Kejahatan Kemanusiaan

Nasional pemilu serentak 2019 hoax
02 Januari 2019 16:31
Jakarta: Budayawan Benny Susetyo menyebut hoaks merupakan bentuk lain dari kejahatan kemanusiaan. Betapa tidak, hoaks bukan hanya menghancurkan nilai persatuan tetapi juga meruntuhkan peradaban.
 
"Penyebar hoaks itu penjahat kemanusiaan, mereka mencabik (nilai-nilai) kemanusiaan. Manusia itu punya empati, nilai-nilai kebersamaan dan persaudaraan. Penyebar hoaks itu merusak peradaban hanya untuk kepentingan jangka pendek," ujarnya dalam Prime Talk Metro TV, Selasa, 1 Januari 2018.
 
Benny mengatakan hoaks hanya akan menimbulkan kecurigaan satu sama lain akibat manipulasi yang disebut kebenaran. Masyarakat yang sebelumnya rukun bisa tiba-tiba terpecah hanya karena hoaks.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yang paling parah, kata dia, banyak hoaks justru datang dari para elite. Lemahnya literasi dan pendidikan kritis membuat masyarakat mudah dipengaruhi hoaks yang justru disebarkan oleh orang-orang pandai seperti pendidik atau elite politik yang seharusnya memiliki tanggung jawab moral tinggi.
 
"Ini terjadi karena politik bagi mereka bukan panggilan tetapi merebut kekuasaan," kata dia.
 
Menurut Benny bukan tanpa alasan elite politik atau tokoh pendidik menggunakan hoaks untuk memengaruhi masyarakat. Hoaks merupakan propaganda yang paling mudah dan murah untuk dilakukan karena tidak memerlukan gagasan, program, atau imajinasi menuju satu tujuan.
 
Propaganda, tambah dia, cenderung menyerang pribadi dan menjatuhkan lawan politik tanpa perlu kerja keras. "Ini bahayanya kalau tidak kita setop akan menghasilkan pemimpin yang tidak memiliki wawasan, tidak bisa bekerja, dan tidak mampu mengaplikasikan programnya," jelas dia.
 

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi