Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/PPN (Bappenas) Bambang Brodjonegoro. (FOTO: Media Indonesia)
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/PPN (Bappenas) Bambang Brodjonegoro. (FOTO: Media Indonesia)

Pemindahan Ibu Kota Butuh Dukungan Parlemen

Nasional pemindahan ibukota
Damar Iradat • 06 Mei 2019 13:57
Jakarta: Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan rencana pemindahan ibu kota perlu mendapat dukungan dari parlemen. Sebab, perlu ada pembentukan Undang-Undang Daerah Khusus Ibu Kota terkait pemindahan ibu kota sebagai pusat pemerintahan.
 
"Tentunya nanti diperlukan support politik yang kuat dalam bentuk UU Daerah Khusus Ibu Kota," kata Bambang di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 6 Mei 2019.
 
Dia berharap partai politik di parlemen mendukung rencana pemindahan ibu kota ini. Pemerintah juga segera menyampaikan rencana ini ke DPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, rencana pemindahan ibu kota ini masih tahap awal. Butuh kajian yang mendalam dan matang sebelum rencana tersebut diserahkan ke DPR.
 
"Nantilah, pemerintah yang akan serahkan. Pokoknya kita tunggu sampai semua mulus. Pasti konsultasi (dengan DPR), tapi nantinya harus ada persetujuan UU. Kan ada UU Daerah Khusus Ibu Kota," ujar dia.
 
Pemerintah segera membahas rencana pemindahan ibu kota dengan pihak legislatif. Rencana pemindahan ibu kota ini juga perlu dikonsultasikan ke sejumlah pihak.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan masih terus mengkaji rencana pemindahan ibu kota ini. Namun, pemerintah juga membutuhkan masukan dari pihak lain.
 
Jokowi menilai pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa merupakan solusi paling sesuai saat ini. Karena, setengah penduduk Indonesia menetap di Pulau Jawa, sekitar 57 persen dari total populasi penduduk.
 
Rencana ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang menyebut pemindahan Ibu kota juga harus mempertimbangkan arah masa depan Indonesia. Pada 2030, Indonesia diproyeksikan menjadi kekuatan perekonomian keempat di dunia.
 
Hasto meyakini pemindahan ibu kota akan membantu pembangunan yang lebih merata. Wilayah yang menjadi pusat pemerintahan akan memiliki ruang hijau dan tata kota yang semakin asri.
 
Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali juga mendukung penuh wacana pemindahan ibu kota negara. Kondisi Jakarta sebagai pusat bisnis dan pemerintahan dinilai tak ideal.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif