Perwakilan Demokrat menunjukkan daftar bukti yang diserahkan ke Kemenkumham/Medcom.id/Anggi Tondi
Perwakilan Demokrat menunjukkan daftar bukti yang diserahkan ke Kemenkumham/Medcom.id/Anggi Tondi

Demokrat Bantu Kemenkumham Lawan Gugatan AD/ART

Nasional partai politik Partai Demokrat Kemenkumham Gugatan AD/ART Partai Demokrat dikritik gugatan ad/art partai demokrat
Anggi Tondi Martaon • 14 Oktober 2021 13:01
 Jakarta: Partai Demokrat membantu Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menghadapi gugatan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) di Mahkamah Agung (MA). Partai berlambang bintang mercy itu menyerahkan sejumlah bukti yang bisa digunakan Kemenkumham melawan uji materi pihak Moeldoko.
 
"Kedatangan Partai Demokrat ke Kemenkumham untuk memperkuat bukti-bukti yang aka diajukan dalam proses uji materil di MA," kata kuasa hukum Demokrat, Heru Widodo, di Gedung Direktorat Jenderal (Ditjen) Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Jakarta, Kamis, 14 Oktober 2021.
 
Kemenkumham menjadi pihak tergugat dalam uji materi yang diajukan pihak Moeldoko. Menurut Heru, hal itu dinilai aneh karena yang membuat AD/ART adalah Demokrat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Demokrat Sebut Salah Satu Pihak Mencabut Gugatan AD/ART ke MA
 
Menurut Heru, bukti-bukti dari partainya bisa memperkuat fakta-fakta hukum tersebut. Sehingga, uji materi yang diajukan diharapkan tidak diterima majelis hakim.
 
"Bukti-bukti itu untuk membentengi aspek hukum dari terobosan yang katanya akan dilakukan para termohon," sebut Heru.
 
Selain bukti formil, Demokrat juga membawa bukti-bukti faktual. Salah satunya, keterangan-keterangan ahli yang menilai uji materi AD/ART Demokrat Tahun 2020 merupakan hal yang tak lazim.
 
"Karena yang dijadikan objek adalah keputusan menteri, sementara dalam hukum acara uji materil yang bisa dijadikan objek permohonan adalah peraturan,"  Heru.
 
Bukti-bukti tersebut diserahkan ke Ditjen AHU Kemenkumham. Perwakilan Demokrat diterima Direktur Tata Negara Baroto. 

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif