Ilustrasi warga Papua beraktivitas sehari-hari/Humas Satgas Nemangkawi
Ilustrasi warga Papua beraktivitas sehari-hari/Humas Satgas Nemangkawi

KSP Sebut Kelas Menengah Motor Penggerak Ekonomi Papua

Nasional ekonomi daerah kelas menengah Ekonomi Papua Kelas Menengah Penggerak Ekonomi Papua
Theofilus Ifan Sucipto • 17 Oktober 2021 09:52
Jakarta: Kantor Staf Presiden (KSP) menekankan pentingnya peran kelas ekonomi menengah dalam membangun perekonomian, khususnya di Papua. Pengembangan sumber daya manusia (SDM) lokal di Bumi Cenderawasih mesti menyesuaikan sektor potensial.
 
“Kita sering lupa kepada kelas ekonomi menengah, padahal perputaran ekonomi terbesar ada di kelas menengah,” kata Deputi II Bidang Pembangunan Manusia KSP Abetnego Tarigan dalam keterangan tertulis, Minggu, 17 Oktober 2021.
 
Abetnego mengatakan kelas ekonomi menengah di Papua masih sangat sedikit. Sehingga kekosongan pada strata kelas tersebut banyak diisi pendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Hal ini juga yang menjadikan perputaran ekonomi masih berada di pusat-pusat kota/kabupaten dan mengalir ke luar Papua,” papar dia.
 
Tantangan lainnya, yakni ada perspektif kultural yang menganggap pegawai negeri sipil (PNS) adalah satu-satunya profesi terbaik. Hal itu menyebabkan pengangguran cukup tinggi dan tingkat inovasi wirausaha rendah.
 
Menurut Abetnego, media berperan membentuk citra yang baik terhadap vokasi. Kemudian, memberikan informasi mengenai bidang apa yang dibutuhkan di Papua.
 
“KSP akan mendorong penguatan vokasi khususnya di Papua,” ujar dia.
 
Baca: Sumsel Gerakkan Warga Jalankan Program Kemandirian Pangan
 
Abetnego mencontohkan penguatan vokasi di Sulawesi melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertambangan. Institusi itu melahirkan tenaga kerja ahli di bidang pertambangan.
 
“Respons pada suatu sektor yang sedang tumbuh di suatu daerah melalui vokasi akan mampu memperluas peluang rekrutmen kerja tenaga lokal,” tutur dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif