Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Pemerintah Didesak Selesaikan Kelangkaan Pupuk Subsidi untuk Petani

Nasional subsidi pupuk pupuk subsidi DPR RI
Arga sumantri • 09 November 2020 22:35
Jakarta: Pemerintah didesak membereskan masalah kelangkaan pupuk subsidi untuk petani. Sebab, masih banyak petani di Jawa Barat kesulitan mendapatkan pupuk subsidi.
 
"Kemarin kami di wilayah Ciwidey Kabupaten Bandung, Pangalengan, Kertasari, mereka menjerit, ketika harus beli pupuk Rp250 ribu yang biasanya Rp90 ribu satu karung," kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cucun Ahmad Syamsurijal di Jakarta, Senin, 9 November 2020.
 
Dalam rapat paripurna hari ini, Cucun mendesak DPR menyurati pemangku kepentingan terkait untuk segera membereskan masalah kelangkaan pupuk subsidi. Surat bisa ditujukan kepada stakeholder yang menangani program Kartu Tani di Kementerian Pertanian (Kementan), juga terkait alur subsidi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini bagaimana kesepakatan yang sudah diambil DPR, migrasi daripada subsidi korporasi kepada subsidi ke orang. Ini sudah baik sebetulnya, tetapi prosesnya harus betul-betul siap dulu," papar Cucun.
 
Ia menilai program kartu tani belum masif diterima para petani di daerah. Ia menekankan, jangan sampai petani menjadi korban akibat situasi ini.
 
Baca: Kementan Diminta Dorong Petani Tingkatkan Penggunaan Pupuk Organik
 
Bagi Cucun, pupuk subsidi yang tak bisa diakses itu merupakan masalah serius. Sebagai lembaga wakil rakyat, DPR harus membela dan memperjuangkan hak-hak petani tersebut.
 
Cucun menegaskan, masalah kelangkaan pupuk subsidi ini harus menjadi perhatian serius pemerintah. Bila tak segera ditangani, hal ini bakal menyulitkan para petani.
 
"Jangan sampai mereka yang biasa membeli pupuk hanya Rp90 ribu sekarang harus beli Rp250 ribu. Karena mereka yang tidak punya kartu tani tidak bisa beli," tegas Cucun.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif