Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil. Medcom.id/Roni Kurniawan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil. Medcom.id/Roni Kurniawan

Pemilih Ridwan Kamil di Jabar Disebut Paling Solid

Anggi Tondi Martaon • 06 Juli 2022 17:19
Jakarta: Pendukung Ridwan Kamil (Kang Emil) di Jawa Barat (Jabar) disebut paling solid. Gubernur Jabar itu memiliki basis pendukung yang tinggi di wilayah kerjanya terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
 
"Kang Emil itu menurut saya suaranya solid di Jawa Barat," kata peneliti senior Centre of Strategic and International Studies (CSIS) Philips J Vermonte saat dikonfirmasi, Rabu, 6 Juli 2022.
 
Menurut dia, soliditas pemilih tersebut menjadi kunci naiknya elektabilitas Kang Emil, karena dinilai mampu bekerja dengan baik di Jawa Barat. Philips mengatakan hal tersebut menjadi keuntungan untuk Kang Emil di Jawa Barat yang merupakan salah satu kunci pemenangan Pilpres 2024

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


”Jawa Barat salah satu penyumbang pemilih terbesar. Di DPR juga menyumbang kursi terbanyak,” ujar Philips.
 
Dia mengatakan calon yang tak memiliki basis massa di Jawa Timur atau Jawa Tengah, dapat menyasar Jawa Barat. Menurut Philips, Jawa Barat merupakan salah satu lumbung suara terbesar.
 

Baca: Gerindra Belum Mau Buka Sosok Pendamping Prabowo di Pilpres 2024


"Kalau anda kandidat yang tidak bisa menembus di Jawa Tengah atau Jawa Timur, agar suara tidak terlalu jauh timpangnya, menangkan Jawa Barat," kata dia.
 
Basis pemilih Kang Emil, menurut Philips, memilih berdasarkan kinerja. Dia menyebut kinerja Kang Emil di Jabar mendapat apresiasi banyak pihak.
 
Saya kira Kang Emil di situ (Jawa Barat) punya kontribusi dan sangat mengalir," ujar dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif