Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

DPR Tak Ingin Pemilu 2024 Jadi Mesin Pembunuh

Nasional jadwal pemilu kpu pemilu DPR RI Pemilu 2024 jadwal Pemilu 2024
Kautsar Widya Prabowo • 24 Januari 2022 18:31
Jakarta: Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki persiapan yang matang dalam menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024. Jangan sampai pesta demokrasi kembali memakan korban jiwa.
 
"Saya kira kita kalau tidak kreatif menyusun regulasi turunan yang detail membiarkan itu (sistem kerja KPPS) berjalan lagi, membiarkan pemilu menjadi mesin pembunuh dan kita semua berdosa," kata Luqman dalam rapat kerja bersama KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 24 Januari 2022.
 
Luqman berharap KPU mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Terutama, dalam mengatur sistem kerja kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Apalagi, banyak anggota KPPS yang kerap bekerja lebih dari 24 jam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya harap betul KPU punya skenario yang bisa memastikan tidak jatuh korban lagi," kata dia.
 
Menurut Luqman, pencoblosan dan perhitungan suara yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu tidak berubah. Sehingga, KPU harus mampu membuat peraturan KPU (PKPU) dan sejenisnya yang membuat pemilu berjalan lebih manusiawi.
 
Baca: DPR Putuskan Pemungutan Suara Pemilu pada 14 Februari 2024
 
Komisi II DPR telah menetapkan jadwal pemungutan suara Pemilu 2024. Penetapan jadwal pemilu ini disepakati bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan pemerintah diwakili Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
 
"Pemungutan suara pemilihan umum serentak untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta anggota DPD dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024," ujar Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia dalam rapat kerja di Gedung DPR.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif