Mantan Wakil Ketua MPR Amien rais. ANT/Sigid Kurniawan.
Mantan Wakil Ketua MPR Amien rais. ANT/Sigid Kurniawan.

Amien Rais Minta Pemindahan Ibu Kota Dibatalkan

Nasional pemindahan ibukota Ibu Kota Baru
Faisal Abdalla • 03 September 2019 15:32
Jakarta: Mantan Ketua MPR Amien Rais meminta Presiden Joko Widodo membatalkan pemindahan ibu kota ke Provinsi Kalimantan Timur. Amien menilai rencana itu tak bermanfaat.
 
"Jadi pesan kita dari ruang ini kepada Pak Jokowi, tak usah basa-basi, dibatalkan saja (pemindahan ibu kota), selesai," kata Amien di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 3 September 2019.
 
Amien mengatakan pemindahan ibu kota merugikan banyak pihak. Ia tak memerinci alasan jelas penolakan itu. Amien hanya menyebut pemindahan ibu kota berdampak negatif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Amien malah mengaitkan rencana pemindahan ibu kota dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Ia menuding pemindahan ibu kota untuk mendukung politik luar negeri Tiongkok.
 
"Jadi saya pikir ini ibu kota itu mempercepat pengambilalihan kedaulatan oleh oleh Republik Rakyat Tiongkok," ujarnya.
 
Presiden mengumumkan sebagian kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara menjadi lokasi ibu kota baru. Wilayah ini dianggap minim risiko bencana, seperti banjir, gempa, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, dan tanah longsor.
 
Selain itu, wilayah ini dinilai strategis karena berada di tengah Indonesia. Kawasan ini juga diapit perkotaan yang sedang berkembang, Balikpapan dan Samarinda. Sejumlah infrastruktur pendukung pun tersedia di wilayah tersebut.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif