Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Foto: MI/Mohamad Irfan)
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Foto: MI/Mohamad Irfan)

Legislator NasDem Diawasi Ketat

Nasional partai nasdem
Arga sumantri • 17 Juli 2019 15:58
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan perilaku dan etika politik legislator partainya akan diawasi ketat pengurus. Kebijakan ini dilakukan sebagai upaya menjaga semangat kesatuan para anggota DPR NasDem periode 2019-2024.
 
"Perilaku saudara-saudara di anggota dewan diawasi ketat oleh pimpinan fraksi, bahkan oleh DPP (Dewan Pimpinan Pusat)," kata Surya Paloh di Gedung Akademi Bela Negara (ABN), Pancoran, Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Rabu, 17 Juli 2019.
 
Surya Paloh berpesan legislator NasDem tak saling menjatuhkan rekan kerja sesama partai. Sebaliknya, anggota DPR NasDem justru harus saling menutupi kekurangan satu sama lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Marilah kita bekerja sepenuh hati, saling membesarkan hati, bukan mencari kekurangan dan kesalahan di antara kita. Saya melarang keras itu terjadi di anggota dewan kita," ujarnya.
 
Baca juga:Legislator NasDem Diminta Solid
 
Surya Paloh mengingatkan jika terjadi permasalahan dalam proses berpolitik, harus diselesaikan secara internal. Masalah sesama kader tak boleh sampai ke publik.
 
"Masalah yang tidak pas, upayakan diselesaikan secara internal baik-baik, bukan keluar. Saya akan tegur, bahkan saya akan berhentikan jika ada anggota NasDem yang hanya bisa menjelek-jelekkan rekan kerjanya," tegas.
 
Surya Paloh berharap seluruh anggota DPR terpilih dari NasDem menjalankan kerja yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Seluruh anggota dewan NasDem juga harus bisa membangun citra positif dengan menjalankan amanat rakyat.
 
"Arti kehadiran mereka, baik di DPR maupun DPRD untuk menjalankan fungi dan peran yang tidak terbatas sebagaimana diatur konstitusi, tapi lebih dari itu, yakni membangun persepsi publik," ujar Surya.
 
Baca juga:Legislator NasDem Diminta Berani Mengubah Regulasi Penghambat Pembangunan
 
Menurut Surya, para anggota dewan harus menyadari kalau mereka adalah wakil rakyat. Selain itu, para legislator juga menjadi kepanjangan tangan partai politik di Parlemen guna mewujudkan harapan masyarakat.
 
"NasDem ingin tegaskan tidak boleh seperti itu, harus ada perubahan persepsi publik. Dewan tidak kalah penting untuk membangun suri teladan baru," jelasnya.
 
Menurut Surya, publik kadung berpikir miring terhadap perilaku para anggota dewan. Ia pun berharap para legislator NasDem bisa memperbaiki citra itu di periode mendatang.
 
"NasDem ingin melihat anggota dewan sebagai representasi partai untuk pelopor dengan bangun citra baru di periode ini," pungkasnya.
 
Hari Ini, Surya Paloh memberikan pembekalan dalam sekolah legislatif yang digelar Partai NasDem. Sekolah legislatif yang berlangsung sejak 16 hingga 19 Juli ini sengaja dilakukan untuk meningkatkan kualitas anggota DPR terpilih dari NasDem.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif