Menteri Agama Fachrul Razi menghadiri Sidang Paripurna Pertama Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019. Foto: MI/Ramdani
Menteri Agama Fachrul Razi menghadiri Sidang Paripurna Pertama Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019. Foto: MI/Ramdani

Jurus Fachrul Razi Tangkal Radikal Beda dengan BNPT

Nasional radikalisme
Ilham Pratama Putra • 30 Oktober 2019 17:51
Jakarta: Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyebut Kementerian Agama (Kemenag) punya cara pandang sendiri melihat radikalisme. Jurus Kemenag melawan paham radikal berbeda dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).
 
"Kalau kita kan ada bidang kita sendiri. Kalau bidang kami kan, satu, kurikulum. Kemudian penyuluhan-penyuluhan. Kemudian memberi peringatan-peringatan," kata Fachrul di Gedung Kemenag, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Menurut dia, langkah ini bentuk sosialisasi dari Kemenag. Pihaknya tak ingin langsung memberi tindakan keras kepada pihak-pihak yang diduga terpapar paham penyimpang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Joko Widodo, kata dia, telah membagi tugas dan fungsi masing-masing kementerian. Lembaga negara lain hingga aparat penegak hukum punya medan berbeda.
 
"Pak Jokowi kan sudah memerintahkan, bukan hanya kepada Kementerian Agama saja. Semua kementerian dan semua instansi terkait. Jadi masing-masing ke bidang masing-masinglah," ungkapnya.
 
Dia menjelaskan pihaknya juga bekerja sama dengan penegak hukum jika radikalisme telah memuat unsur kebencian. Fachrul akan menyerahkan penyebar radikalisme kepada aparat hukum.
 
"Kalau udah penangkapan terus penyidikan, pengusutan sampai ke bawah itu kan sudah ada bidang yang lainnya ya," pungkas mantan Wakil Panglima TNI itu.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif