Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. Foto: Ilham Pratama/Medcom.id
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. Foto: Ilham Pratama/Medcom.id

Gibran Tak Diistimewakan

Nasional Pemilu Serentak 2020
Ilham Pratama Putra • 28 Oktober 2019 12:25
Jakarta: PDI Perjuangan tak akan mengistimewakan Gibran Rakabuming Raka yang ingin maju dalam pemilihan wali kota Solo. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu tetap harus melewati mekanisme pengusungan calon kepala daerah di internal partai.
 
"Siapa, dari mana saja, mekanismenya seperti itu semua. Daftar dulu, lalu fit and proper test," kata Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.
 
Dia enggan memprediksi peluang Gibran menjadi calon wali kota. Apalagi, proses pelaksanaan Pilkada 2020 masih panjang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Puan juga tak mau berspekulasi akan timbul perpecahan suara di PDI Perjuangan bila tetap mengusung Gibran sebagai calon wali kota. Pasalnya, DPC PDI Perjuangan Surakarta mengajukan Achmad Purnomo sebagai calon wali kota, dan Teguh Prakosa sebagai calon wakil wali kota.
 
Gibran sebelumnya menemui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Gibran menyampaikan niatnya maju sebagai calon wali kota Solo untuk Pemilu Serentak 2020.
 
"Saya sampaikan keadaan Solo seperti apa. Saya sampaikan keseriusan saya untuk maju," kata Gibran usai menemui Megawati, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Gibran mengaku sudah memiliki kartu tanda anggota (KTA) lewat DPC PDI Perjuangan Surakarta. Itu pula yang membuat Gibran ingin maju di Pilwakot Solo melalui partai ppimpinan Presiden ke-5 Indonesia itu.
 
Hal itu sengaja dia tekankan demi mengklarifikasi adanya isu pernyataan dirinya yang ingin maju melalui jalur independen. "Jadi saya tidak pernah berkata kepada siapa pun, di mana pun, kalau saya akan maju lewat independen. Saya sudah punya KTA PDI Perjuangan. Saya akan berjuang melalui PDI Perjuangan," tegas Gibran.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif