Mantan Ketua Umum Partai Jusuf Kalla. Foto Kautsar Wida Prabowo/Medom.id
Mantan Ketua Umum Partai Jusuf Kalla. Foto Kautsar Wida Prabowo/Medom.id

Peran Partai Politik Dinilai Fundamental dalam Demokrasi

Nasional Demokrasi Indonesia
Kautsar Widya Prabowo • 03 Desember 2019 16:51
Jakarta: Peran partai politik (parpol) dinilai sangat fundamental dalam proses demokrasi. Masyarakat pun harus dilibatkan dalam proses ini.
 
"Sistem demokrasi ialah suara rakyat dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat dan tentu bagaimana rakyat mengambil suatu keputusan atau pedoman untuk negara," ujar mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla dalam diskusi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Menurut Kalla, parpol dianggap demokratis jika mampu mengikutsertakan masyarakat. Dia berharap Golkar dapat menerapkan proses ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau parpol ingin menjadi bagian dari demokrasi ingin mempunyai, melibatkan seluruh masyarakat, ingin banyak pemilih, maka partai itu juga harus demokratis," ujar Kalla.
 
Sistem demokrasi saat ini berbeda dengan sebelumnya. Pada pemilu era 90-an perangkat desa, bintara pembina desa, hingga aparatur sipil negara (ASN) dapat terlibat langsung.
 
"Sekarang ini tidak seperti itu lagi. Babinsa netral, polisi netral, PNS tidak boleh berpartai. Zaman dulu PNS berbaju kuning, malah tentara pernah berbaju kuning juga," jelas dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif