Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Menakar Kekuatan Figur Cagub di Pilgub Kepri

Nasional Pemilu Serentak 2020
Medcom • 31 Desember 2019 22:07
Jakarta: Sejumlah nama diprediksi bertarung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepulauan Riau 2020. Nama-nama tersebut yakni Gubernur Kepri pertama Ismeth Abdullah, pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepri Isdianto, mantan Bupati Kepri Huzrin Hood, dan Ketua DPD PDI Perjuangan Kepri Soerya Respationo.
 
Pengamat politik dari Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) Rachmayanti Kusumaningtyas, memprediksi pertarungan di Pilkada Kepri akan diikuti sejumlah figur lama.
 
"Tidak jadi masalah siapa saja boleh sepanjang sesuai aturan, tinggal bagaimana membaca dan melihat profil masing-masing kandidat saja, mereka mempunyai rekam jejak masing-masing, masyarakat sekarang sudah sangat cerdas melihat latar belakang figur," jelas Rachma dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 31 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, dia menilai pertarungan akan kurang menarik bila 'pemain' lama kembali maju sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur. Terlebih, figur tersebut punya rekam jejak buruk.
 
"Masyarakat Kepri pasti mampu membedakan mana kandidat yang memang layak memimpin. Secara umum, sudah pasti mereka yang pernah rusak namanya akan sulit diterima di masyarakat, apalagi jika kasusnya adalah kasus korupsi," tegas Rachma.
 
Dia mencontohkan Ismeth dan Huzrin yang pernah terjerat kasus korupsi. Menurut dia, itu menjadi catatan negatif bagi keduanya untuk bisa meraih hati masyarakat.
 
Di sisi lain, Rachma menilai Soerya juga tak memiliki kekuatan politik yang bagus. Terbukti, Soerya pernah kalah saat maju di Pilgub Kepri 2015.
 
Menurut dia, angin segar justru dimiliki Isdianto. Adik kandung dari mantan Gunernur Kepri Muhammad Sani, itu dinilai memiliki basis politik yang kuat.
 
"Isdianto saat ini menjabat sebagai plt gubernur yang posisinya sama seperti gubernur, otomatis dia akan diperhitungkan dan punya nilai tawar politik yang kuat. Isdianto punya peluang menang yang memadai," pungkas Rachma.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif