Menparekraf Sandiaga Uno dalam puncak kegiatan Kelana Ramadan di Solo. Foto: Kemenparekfraf.
Menparekraf Sandiaga Uno dalam puncak kegiatan Kelana Ramadan di Solo. Foto: Kemenparekfraf.

Sandiaga Dorong Seni Pertunjukan Buka Lapangan Kerja

Nasional lapangan pekerjaan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno
Arga sumantri • 30 April 2022 22:03
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong kebangkitan ekonomi kreatif subsektor seni pertunjukan. Sandiaga menilai seni pertunjukan berpotensi membuka peluang usaha dan lapangan kerja.
 
"Selama dua tahun pandemi covid-19 betul-betul menghantam ekonomi kreatif subsektor seni pertunjukan, karena adanya batasan untuk berkegiatan secara fisik," ujar Sandiaga melalui keterangan tertulis, Sabtu, 30 April 2022.
 
Sandiaga menjadikan program Kelana Ramadan sebagai salah satu upaya mendorong kebangkitan seni pertunjukan. Sandiaga memilih Solo, Jawa Tengah, sebagai rangkaian puncak Kelana Ramadan untuk membangkitkan ekonomi kreatif agar bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti kita ketahui Kota Solo sudah menjadi kota kreatif yang mengedepankan subsektor seni pertunjukan dan ini membuka justru begitu banyak peluang usaha, serta lapangan kerja dalam tatanan ekonomi baru," ujar dia.
 
Dengan pengendalian pandemi yang lebih baik, Sandiaga mengajak Indonesia Creative Cities Network (ICCN) dan seluruh pelaku ekonomi kreatif bergandengan tangan. Khususnya, dalam menciptakan inovasi dan membuka peluang usaha, serta lapangan kerja.
 
"Arahan dari Presiden Joko Widodo adalah pascapandemi, kita bukan hanya mampu untuk menyusun kebangkitan kita bersama, tapi kebangkitan yang lebih kuat. Recover together recover stronger. Hal ini juga sesuai dengan semangat G20," beber Sandiaga.
 
Baca: Wapres Instruksikan Pelindungan Aset Kreatif Terus Digenjot
 
Ia mengatakan kegiatan Kelana Ramadan ini juga dimaksudkan sebagai medium fungsionalisasi Kota Solo sebagai Kota Kreatif dengan seni pertunjukan sebagai subsektor ekonomi kreatif unggulannya.  Ia berharap Solo dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya.
 
"Dalam memajukan ekosistem ekonomi kreatif yang dapat menggerakkan perekonomian rakyat," ungkap dia.
 
Sandiaga menyebutkan para pelaku Kelana Ramadan berbagi ide, gagasan, pemasaran, pendampingan, dan pelatihan. Ada beberapa ide yang muncul, seperti hak kekayaan intelektual maupun terobosan lain yang bisa dikolaborasikan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
 
Saat ini, kata dia, setiap ekonomi kreatif tengah menghadapi tantangan untuk semakin berkembang di masa peralihan dari pandemi ke endemi covid-19. Ia berharap pelaku ekonomi kreatif bisa naik kelas di masa mendatang. 
 
"Ini yang kita harapkan dari program Kelana Ramadan," ujar Sandiaga.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif