Minyak goreng harga baru mulai menumpuk di minimarket di Surabaya. (Medcom.id/Amal)
Minyak goreng harga baru mulai menumpuk di minimarket di Surabaya. (Medcom.id/Amal)

Pencabutan Subsidi Minyak Goreng Demi Menjaga Keseimbangan

Candra Yuri Nuralam • 20 Maret 2022 08:47
Jakarta: Pemerintah mencabut subsidi minyak goreng kemasan demi menjaga keseimbangan pasar. Subsidi tetap ada untuk minyak goreng curah.
 
"Pemerintah di satu sisi sangat peduli terhadap kebutuhan masyarakat, tapi di sisi lain pemerintah menyadari industri ini harus berjalan terus. Jadi Bapak Presiden (Presiden Joko Widodo) ingin menjaga keseimbangan ini, yakni menjaga kepentingan masyarakat dan produsen," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Edy Priono melalui keterangan tertulis, Minggu, 20 Maret 2022.
 
Edy mengatakan pemerintah harus memastikan pasokan minyak goreng curah tetap ada di pasaran. Masyarakat diyakini akan beralih menggunakan minyak goreng curah karena diberikan subsidi oleh pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemberian subsidi minyak goreng curah diyakini lebih bisa maksimal untuk tepat sasaran. Strategi ini diyakini meminimalkan kebocoran distribusi.
 
"Tantangannya memang sangat besar, tapi pemerintah sudah menyiapkan berbagai skenario agar implementasi kebijakan tersebut berjalan dengan baik di lapangan," ujar Edy.
 
Baca: Pemerintah Pastikan Pengawasan Minyak Goreng Curah Dimaksimalkan
 
Pemerintah dibantu stakeholder terkait juga terus memantau kebijakan baru ini. Pemerintah berharap kebijakan ini bisa membuat kelangkaan minyak goreng mereda dalam waktu dekat.
 
Presiden Jokowi mencabut subsidi minyak goreng kemasan serta memutuskan menyubsidi harga minyak goreng curah, yakni sebesar Rp14 ribu per liter. Subsidi diberikan dari dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif