Ormas Diminta Aktif Tangkal Terorisme dari Hulu

M Sholahadhin Azhar 17 Mei 2018 11:41 WIB
terorisme
Ormas Diminta Aktif Tangkal Terorisme dari Hulu
Ketua Umum Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Muhammad Nur Huda (kedua dari kiri). Foto: Medcom.id/M Shalahadhin Azhar.
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meminta semua pihak, termasuk organisasi masyarakat (ormas), ikut menindak terorisme. Ormas perlu banyak bergerak di sektor hulu, sedangkan pemerintah fokus menanggulangi bagian hilir.

"Pak Wiranto meminta kita aktif terjun ke lapangan. Karena tindakan terorisme itu berkembang dari pemikiran di masyarakat tertentu," kata Ketua Umum Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Muhammad Nur Huda usai pertemuan di Kantor Menko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Mei 2018.

Huda menyatakan pihaknya dengan senang hati menerima arahan itu. Apalagi, sesuai tugas pokok, FKDMI bergerak di majelis-majelis taklim. Artinya, sudah ada upaya untuk menghindarkan pemahaman Islam garis keras beredar di majelis. 


"Kita akan mengemas program secair mungkin, supaya kita bisa masuk ke lini-lini masyarakat," sebut Huda.

Lebih lanjut, Wiranto juga menitipkan pesan pada FKDMI bila yang terjadi saat ini adalah puncak aksi. Sementara itu, ormas perlu banyak menghalau radikalisasi sebelum aksi terjadi.

"Proses pengingatan masyarakat supaya menjadi fokus kita. Jangan cuma kalau ada aksi lalu orang baru sadar," kata Huda.

Baca: Teroris Tanggung Jawab BNPT

Huda pun apresiasi kinerja pemerintah menangani serangan teroris. Langkah cepat berupa penangkapan terduga teroris dianggap tindakan tepat. Hal tersebut bisa mencegah teror seperti di Surabaya, Jawa Timur, dan kota lainnya terulang.

"Kita memberi apresiasi karena memberi rasa aman kepada masyarakat. Karena bagi kami itulah yang perlu dilakukan pemerintah. Kita juga sudah concern dengan melakukan deradikalisasi, untuk memberi rasa aman juga," pungkas Huda.




(OGI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360