Presiden Joko Widodo/MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo/MI/Ramdani

Jokowi Perintahkan Adaptasi Sistem Pendidikan

Nasional jokowi pendidikan New Normal
Nur Azizah • 04 Juni 2020 16:52
Jakarta: Presiden Joko Widodo menginstruksikan adaptasi sistem belajar mengajar di tengah pandemi korona (covid-19). Kementerian terkait diperintahkan untuk mempelajari sistem pendidikan negara lain.
 
"Saya saya minta dilakukan benchmarking pada negara-negara yang telah berhasil mengadaptasi sistem pendidikan untuk memenuhi kebutuhan perubahan di masa depan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Juni 2020.
 
Misalnya, kata dia, sistem pendidikan anak usia dini (PAUD) dari Australia. Sistem pendidikan dasar dan menengah di Finlandia juga bisa menjadi rujukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selsin itu, sistem pendidikan vokasi Jerman dan sistem pendidikan tinggi di Korea Selatan bisa dipelajari. Jokowi minta adaptasi ini dilakukan tanpa menghilangkan nilai luhur Pancasila dan tetap menumbuhkan karakter pelajar Indonesia.
 
"Pendidikan karakter tidak boleh dilupakan karena ini merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan mental dan karakter bangsa," kata Jokowi.
 
Baca:Jokowi Bahas Peta Jalan Pendidikan 2020-2035
 
Mantan Gubernur Jakarta ini menyebut adaptasi itu tak menjadi tugas Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan semata. Upaya tersebut memerlukan dukungan komunitas pendidikan, kementerian dan lembaga serta dukungan masyarakat.
 
Jokowi Perintahkan Adaptasi Sistem Pendidikan
 
Selain itu, kemitraan dengan pihak swasta juga dibutuhkan. Sebab adaptasi dan reformasi pendidikan ini tak hanya mencangkum penyesuaian kurikulum, pedagogi, dan metode penilaian.
 
"Tapi juga menyangkut perbaikan infrastruktur, penyediaan akses teknologi dan juga yang berkaitan dengan dukungan pendanaan," kata Jokowi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif