Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. MI/M Irfan
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. MI/M Irfan

PAN: Survei Indikator Politik Selalu Beda dengan Kenyataan

Nasional pemilu partai pan
Kautsar Widya Prabowo • 26 Oktober 2020 21:21
Jakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) menilai hasil survei lembaga Indikator Politik selalu berbeda signifikan dengan kenyataan. Misalnya, hasil survei elektabilitas partai saat pemilihan umum (pemilu).
 
Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Muladi menyebut survei lembaga tersebut memprediksi elektabilitas PAN sejak 2009 berada di kisaran dua hingga satu persen. Kenyataannya, PAN berhasil meraih 6,01 persen suara di Pemilu 2009, 7,59 persen diPemilu 2014, dan 6,84 persen di Pemilu 2019.
 
"Kalau berdasarkan survei yang dilakukan lembaga survei tersebut, maka sejak pemilu 2009 PAN seharusnya tidak lolos parliementary threshold," ujar Viva kepada Medcom.id, Senin, 26 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terdapat perbedaan hingga lima kali lipat antara hasil survei Indikator Politik dan realisasi pencapaian partai. Dia pun tak ambil pusing saat elektabilitas PAN diperkirakan berada di kisaran dua dan satu persen.
 
PAN menilai hasil survei bukan penentu utama perolehan partai di pemilu. Survei hanya menjadi alat untuk memperkaya informasi dalam perencanaan strategis pemenangan, terutama di Pemilu 2024.
 
"PAN secara rutin dan berkala telah melakukan survei yang dilakukan oleh lembaga survei independen untuk mengetahui elektabilitas, prioritas program, dan variabel lain yang dibutuhkan PAN," jelasnya.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif