Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Istimewa
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Istimewa

Kemensos Salurkan Rp6,5 Triliun Bansos PKH Tahap II

Nasional tri rismaharini dana bansos Bansos Kementerian Sosial
Nur Azizah • 23 April 2021 14:22
Jakarta: Kementerian Sosial (Kemensos) mulai menyalurkan Rp6,53 triliun bantuan sosial (bansos) tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahap II. Bantuan ini dicairkan sejak 13 April 2021.
 
“Pencairan bantuan ini untuk tahap II kebetulan bulan April, bertepatan dengan awal puasa,” kata Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Jakarta, Jumat, 23 April 2021.
 
Risma mengatakan bansos diberikan ke 9.074.584 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di seluruh pelosok Tanah Air. Bantuan ini diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Semakin banyak uang yang beredar, semakin tinggi daya beli masyarakat,” ujar Risma.
 
Baca: Kemensos Nonaktifkan 21,15 Juta Data Ganda Penerima Bansos
 
Risma menilai peningkatan daya beli ini akan berdampak langsung ke pedagang kecil. Ia juga berharap pencairan bantuan PKH dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga di bulan Ramadan yang cenderung meningkat ketimbang hari biasa.
 
Berdasarkan data dari Direktorat Jaminan Sosial Keluarga (JSK) Kemensos, alokasi anggaran bansos PKH tahun 2021 sebesar Rp28,71 triliun. Bantuan ini sudah diberikan sebanyak dua tahap, yakni Rp6,82 triliun pada Januari 2021 dan Rp6,53 triliun pada April 2021.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif