Presiden Joko Widodo. Foto: Antara/Wahyu Putro
Presiden Joko Widodo. Foto: Antara/Wahyu Putro

Alasan Jokowi Menghidupkan Jabatan Wakil Panglima

Nasional tni
Damar Iradat • 09 November 2019 05:39
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut jabatan wakil panglima TNI diperlukan untuk membantu mengelola organisasi TNI yang besar. Jokowi membandingkan keberadaan jabatan wakil di sejumlah instansi seperti Polri, Kejaksaan Agung, hingga Badan Intelijen Negara (BIN).
 
"Kalau Polri di Polri saja ada kapolri dan wakapolri. Kejaksaan ada jaksa agung, ada wakil jaksa agung, iya kan. di BIN ada kabin, ada wakabin, iya kan?" kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 8 November 2019.
 
Posisi wakil panglima TNI resmi hidup kembali setelah berlakunya Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. Namun, Jokowi belum memutuskan kapan posisi tersebut akan diisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi hanya mengatakan nantinya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan menyampaikan sosok orang nomor dua di TNI. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga belum menunjuk sosok yang bakal menjadi wakil panglima TNI.
 
"Saya sampaikan belum. Tentu saja dari panglima," ujar dia.
 
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut wakil panglima TNI bisa ditunjuk langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Pasalnya, wakil panglima nantinya berada di bawah kendali panglima dan langsung diangkat oleh Hadi.
 
Terkait calon wakil panglima TNI, Moeldoko menyebut, kemungkinan besar bisa berasal dari kepala staf tiga matra. Namun begitu, Moeldoko belum bisa menjawab siapa dari tiga kepala staf itu yang akan diangkat menjadi wakil panglima.
 
"Tanya panglima, masa tanya aku," ungkap Moeldoko.
 
Adapun kepala staf yang saat ini menjabat antara lain, Kepala Staf AD Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf AL Laksamana Siwi Sukma Adji, dan Kepala Staf AU Marsekal Yuyu Sutisna.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif