Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

Pemerintah Diminta Tidak Anggap Enteng Varian Omicron

Nasional DPR RI protokol kesehatan Varian B.1.1.529 Omicron Varian Omicron
Anggi Tondi Martaon • 29 November 2021 12:36
Jakarta: Pemerintah diminta mewaspadai varian covid-19 B.1.1.529 (Omicron). Pasalnya, varian itu dinilai lebih mudah menular dibandingkan dengan varian-varian lainnya.
 
"Jangan anggap enteng dan jangan lengah,” kata Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin) melalui keterangan tertulis, Senin, 29 November 2021.
 
Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengakui Omicron belum terdeteksi di Indonesia. Namun, hal itu jangan sampai membuat pemerintah jemawa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia meminta pemerintah belajar dari pengalaman masuknya varian Delta ke Indonesia. Varian tersebut membuat Tanah Air kelabakan mengatasi penyebaran covid-19.
 
"Mumpung varian Omicron ini belum terdeteksi ada di Indonesia, semoga memang benar-benar belum ada. Jangan sampai sudah ada, tapi kitanya yang belum tahu makanya ini harus menjadi perhatian serius," ujar dia.
 
Cak Imin mengapresiasi pemerintah sigap mengantisipasi varian Omicron. Salah satunya membatasi kedatangan warga negara asing (WNA).
 
Dia juga meminta masyarakat tidak panik. Masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) ketat.
 
Cak Imin menyayangkan tingkat disiplin penerapan prokes beberapa bulan terakhir menurun. Dia menyebut semakin banyak orang tidak mengenakan masker dan kerumunan.
 
Dia mengingatkan masyarakat melihat pengalaman di Eropa. Kasus covid-19 meningkat di Benua Biru karena lalai menerapkan prokes.
 
"Austria kembali menerapkan karantina nasional atau lockdown penuh. Jerman pun mengeluarkan peringatan keras kepada warganya agar segera divaksin akibat lonjakan kasus yang juga luar biasa. Ini harus menjadi alarm bagi kita,” tegas dia.
 
Baca: Ini Cara Pemerintah Antisipasi Varian Omicron
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif