Survei: 73,4% Puas Kepemimpinan Jokowi
Rilis SMRC - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Jakarta: Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menyebut ada tiga penyebab keterpilihan calon Presiden Joko Widodo masih tertinggi. Faktor pertama yakni kepuasan masyarakat kepada kinerja Jokowi. 

Sebanyak 73,4 persen masyarakat sangat puas dan cukup puas dengan kepemimpinan Jokowi dan 25,4 persen tidak puas.

"Mereka yang puas atau cukup puas dengan kinerja Presiden di berbagai bidang secara umum, (lebih dari) 70 persen," kata Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan dalam rilis survei nasional 'Tren Elektabilitas Capres: Pengalaman Menjelang Hari H (2004-2019)' di Kantor SMRC, Jalan Cisadane, Jakarta Pusat, Minggu, 7 Oktober 2018.


Kedua, masyarakat yakin dengan kepemimpinan Jokowi. Tercatat, sebanyak 71,4 persen masyarakat yakin dengan kepemimpinan Jokowi. Sedangkan 23,2 persen tidak yakin.

(Baca juga: SMRC: Jokowi Unggul Jauh dari Prabowo)

Terakhir, situasi ekonomi, politik, penegakan hukum dan keamanan di era Jokowi masih dianggap positif. "Karena itu kemudian masyarakat untuk sementara masih banyak yang mendukung Jokowi," kata Djayadi.

Dari hasil survei SMRC, elektabilitas Jokowi sebesar 60,2 persen. Perolehan itu sementara unggul jauh dari penantangnya Prabowo Subianto dengan 28,7 persen.

Elektabilitas Jokowi juga cenderung meningkat dibandingkan pada Mei 2018, sebesar 57 persen. Sedangkan, Prabowo elektabilitasnya menurun dari 33,2 persen menjadi 28,7 persen.

Survei ini dilakukan pada periode 7-14 September 2018. Metode yang digunakan yakni multistage random sampling dengan 1.074 responden. Survei ini memiliki margin of error sebesar 3,05 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id