Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto. Medcom.id
Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto. Medcom.id

Bahas UU Penanggulangan Bencana, Komisi VIII Lobi Pimpinan DPR

Nasional Virus Korona penanggulangan bencana
Anggi Tondi Martaon • 26 Maret 2020 19:56
Jakarta: Komisi VIII bakal melobi pimpinan DPR terkait mekanisme pembahasan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Mereka berdalih mekanisme rapat dengan tatap muka belum bisa dilakukan karena masih merebaknya virus korona (covid-19).
 
"Di tengah situasi ini kita tidak boleh menggelar rapat secara ramai, kemudian pertemuan secara langsung dibatasi. Ya kami ingin bertemu dulu dengan pimpinan DPR, mekanisme pembahasan UU ini bagaimana dengan situasi seperti ini," kata Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto kepada Medcom.id, Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Politikus PAN itu menilai revisi UU Penanggulangan Bencana sangat mendesak. DPR harus segera memulai pembahasannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mungkin ada mekanisme lain, misal rapat dengan teleconference atau terbatas atau bagaimana untuk memastikan revisi UU Penanggulangan Bencana selesai," ujar dia.
 
Baca: Mensos Minta RUU Penanggulangan Bencana Segera Dibahas
 
Yandri menyampaikan Menteri Sosial Juliari P. Batubara sebagai leading sector sudah merestui revisi UU ini. Pihak yang bakal terlibat dalam pembahasan yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Polri, TNI, dan pihak terkait lain.
 
BNPB dan Komisi VIII DPR sepakat merevisi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Beberapa bagian dalam regulasi itu membuat pemerintah tak bisa cepat dalam menanggulangi bencana, terutama bencana non-alam seperti wabah covid-19.
 
"Kami berharap bahwa segala hal yang berhubungan dengan kendala yang dihadapi terutama dalam struktur organisasi bisa teratasi," kata Ketua BNPB Doni Monardo yang juga memimpin Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu 25 Maret 2020.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif