Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin sidang perdana Kabinet Indonesia Maju. Foto: MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin sidang perdana Kabinet Indonesia Maju. Foto: MI/Ramdani

Tito Langsung Dapat Tugas Khusus dari Presiden

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Damar Iradat • 24 Oktober 2019 11:56
Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian langsung mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo. Tito diinstruksikan untuk menertibkan peraturan daerah (perda) maupun peraturan kepala daerah.
 
Kepala Negara mengatakan, masih terlalu banyak regulasi di Indonesia. Jokowi kerap meminta para menteri dan kepala daerah memangkas aturan yang menghambat investasi maupun pelayanan kepada masyarakat.
 
"Mendagri tolong digarisbawahi, perda, pergub (peraturan gubernur), perbup (peraturan bupati), yang masih banyak sekali tumpang tindih dengan peraturan-peraturan di atasnya," kata Jokowi saat membuka sidang paripurna perdana kabinet di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta kepada seluruh jajaran Kabinet Indonesia Maju segera mengumpulkan aturan dan regulasi-regulasi yang menghambat itu. Nantinya, ia akan menggelar rapat dalam waktu dua pekan ke depan untuk membahas masalah ini.
 
Di sisi lain, Jokowi mengingatkan tujuan utama pemerintah dalam lima tahun ke depan menciptakan lapangan pekerjaan. Dia menilai hal ini sangat dibutuhkan masyarakat.
 
"Jangan sampai ada kementerian-kementerian, provinsi, kabupaten kota, yang tidak mengerti masalah ini. Jadi setiap hal yang berkaitan dengan cipta lapangan kerja berikan ruang sebaik-baiknya. Berikan pelayanan yang sebaik-baiknya," tegas dia.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif