Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: MI/Mohamad Irfan
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: MI/Mohamad Irfan

Surya Paloh Sebut Indonesia Negara Kapitalis Liberal

Nasional surya paloh
Muhammad Syahrul Ramadhan • 14 Agustus 2019 20:19
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Indonesia saat ini merupakan negara kapitalis yang liberal. Namun, Indonesia belum berani mengakui.
 
"Indonesia adalah negara kapitalis yang liberal, itulah Indonesia hari ini," kata Surya Paloh saat memberikan kuliah umum kebangsaan di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Menurut dia, hal itu tampak dalam proses demokrasi saat ini. Dalam proses pemilihan legislatif, kepala daerah, maupun pemilihan presiden, ia melihat masih banyak praktik politik uang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Praktiknya yang saya tahu money is power, bukan akhlak, bukan kepribadian, bukan juga ilmu pengetahuan. Above all, money is power," jelas dia.
 
Surya mengatakan, saat ini belum ada akademisi maupun peneliti yang memproklamirkan Indonesia sebagai bangsa kapitalis dan super liberal. Justru, semuanya bicara soal Pancasila, meski menurut dia, negara ini sudah masuk kategori kapitalisme.
 
"Tanpa kita sadari juga, kalau ini memang kita masuk dalam tahapan apa yang dikategorikan negara kapitalis," lanjutnya.
 
Menurut dia, menjadi negara kapitalis liberal bukan suatu masalah besar. Asalkan Indonesia tetap memiliki nilai dan keahlian kebangsaan. Ia menilai, saat ini orang Indonesia berubah menjadi manusia individualistik.
 
"Itulah watak kita, dekat dengan materialistik, kita bersahabat dengan pragmatisme transaksional, kita pakai jubah nilai nilai religi sebenarnya kita penuh dengan hipokrisi, inilah kita," ujarnya.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif