Komisioner KPU Hasyim Asyari. - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Komisioner KPU Hasyim Asyari. - Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

KPU Mulai Susun Regulasi Pilkada 2020

Nasional PIlkada Serentak 2020
Faisal Abdalla • 26 Juni 2019 15:46
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai menyusun regulasi untuk penyelenggara Pilkada Serentak 2020. Regulasi pilkada akan dituangkan dalam Peraturan KPU (PKPU).
 
"Sementara ini untuk tahapan pilkada masih penyusunan regulasi ya, dalam arti PKPU untuk Pilkada 2020," kata Komsioner KPU Hasyim Asyari di Gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu, 26 Juni 2019.
 
Hasyim mengatakan PKPU tahapan Pilkada 2020 akan mengacu pada tiga Undang-Undang, yaitu UU Nomor 1 Tahun 2015, UU Nomor 8 Tahun 2015, dan UU Nomor 10 Tahun 2016. Selama belum ada perubahan terhadap UU tersebut, regulasi dalam PKPU Pilkada 2020 tak akan banyak berubah dari pilkada sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasyim menyebut regulasi yang sudah pasti diubah adalah PKPU mengenai tahapan, program, dan jadwal pilkada. Regulasi tersebut harus diubah lantaran pada beleid tersebut memuat tanggal konkret pelaksanaan pilkada.
 
"PKPU tentang tahapan pilkada 2018 tak bisa lagi dipakai karena waktunya sudah berbeda. Tapi peraturan di UU sendiri mengenai durasi masih tetap, nanti tinggal KPU yang menerjemahkan durasi sekian hari itu waktunya kapan," ujar Hasyim.
 
KPU juga sudah menjadwalkan pemungutan suara Pilkada 2020 dilaksanakan pada 23 September 2020. Sebanyak 270 daerah akan menghelat pilkada serentak.
 
Hasyim menyebut pihaknya segera menginventarisir aturan-aturan mana yang masih bisa digunakan untuk Pilkada 2020. Jika ada aturan yang dianggap perlu direvisi, KPU segera memperbaikinya.
 
"Nanti kami periksa lagi karena ini kita masih konsentrasi Perselisihan Hasil Pemilu 2019. Begitu selesai kita konsentrasi untuk memeriksa regulasi PKPU pilkada, sekiranya ada sesuatu yang perlu revisi perubahan ya akan segera kita lakukan," ujarnya.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif