Surya Paloh Ragukan Survei LIPI
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh--Medcom.id/Arga Sumantri
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mempertanyakan hasil survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terkait cawapres Jokowi untuk Pilpres 2019. LIPI telah menganalisa Jokowi berpasangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Ia mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya masih berat untuk menerima hasil survei tersebut. Paham seperti apa yang diterima dam diterapkan.

"Rasanya kalau menurut NasDem agak berat. LIPI saja paling yang bilang demikian. Iya enggak?," kata Surya  di Auditorium Kampus ABN Partai NasDem, Jalan Pancoran Timur II Nomor 1, Cikoko, Jakarta Selatan, Jumat, 20 Juli 2018.


Sementara itu, Surya pun memberikan masukan agar LIPI melakukan riset ulang. Hal tersebut agar akurasi LIPI dapat dipertanggungjawabkan.

"LIPI suruh riset kembalilah bagaimana yang sebaik-baiknya," pungkas dia.

Sebelumnya LIPI mengadakan survei terkait kemenangan yang akan didapatkan jika Jokowi berpasangan dengan Prabowo. Dari hasil survei persentase yang didapatkan lebih tinggi dibanding jika Jokowi berpasangan dengan cawapres lain.

Tidak hanya terkait survei cawapres, Surya juga mempertanyakan survei LIPI mengenai Partai NasDem yang tidak dapat masuk parlemen.

"Bagaimana akurasinya? Berapa persen akurasinya ? Saya anggap mudah-mudahan bisa dipertanggungjawabkan," ujar Surya.

Meski dirinya mengakui sama sekali tidak mempermasalahkan hasil survei tersebut sebab terkadang hasil survei bisa berbanding terbalik dengan kenyataan di lapangan. Lebih jauh Surya bilang yang terpenting saat ini NasDem terus berupaya untuk membangun diri lebih optimal.

"NasDem yakin dengan mengoptimalkan seluruh energi yang ada, kalau sudah upaya itu optimal, enggak masuk parlemen, ya di luar parlemen kan perjuangan jalan terus," pungkas dia.

Sebelumnya LIPI mengadakan survei terkait kemenangan yang akan didapatkan jika Jokowi berpasangan dengan Prabowo. Dari hasil survei persentase yang didapatkan lebih tinggi dibanding jika Jokowi berpasangan dengan cawapres lain.

Selain itu survei LIPI melakukan survei yang menyebut NasDem tidak lolos parlemen. Pasalnya dalam survei NasDem hanya memperoleh suara 2,1 persen.



(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id