Kandidat Cawapres Prabowo Tinggal Empat
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menunggang kuda di Hambalang, Bogor. Foto: Antara/Puspa Perwitasari.
Jakarta: Prabowo Subianto disebut telah mengerucutkan nama pendampingnya di Pilpres 2019. Dari delapan kandidat, saat ini sudah tinggal empat nama.

"Kalau Pak Jokowi kan lima, kalau Pak Prabowo mendekati empat (kandidat) katanya," kata Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 12 Juli 2018.

Mardani memerinci keempat kandidat cawapres Prabowo. Di antaranya adalah mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (PKS), Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). "Anies Baswedan menguat juga dari yang nonpartai," beber Mardani.


Namun demikian, kandidat cawapres Prabowo masih cair. Bisa berubah sesuai pertimbangan dari partai koalisi. "Tapi bisa juga besok berubah jadi sepuluh, bisa saja. Kan ada pertimbangan baru," jelasnya.

Baca: Prabowo-Gatot Terkuat Melawan Jokowi

Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria sebelumnya mengaku Prabowo mengantongi delapan kandidat cawapres. Kedelapan nama tersebut tengah dipertimbangkan Prabowo dan partai koalisi.

Dari PKS, sebutnya, ada Ahmad Heryawan dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri. Sementara dari PAN muncul nama Zulkifli Hasan.

Dari Demokrat ada AHY. Ada juga nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo, mantan Menko Perekonomian Chairul Tanjung, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ini nama yang sedang kita rundingkan bersama dan insyaallah dalam waktu yang tidak terlalu lama kita akan putuskan," beber Riza kemarin.



(YDH)