Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat MA RI, Abdullah - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat MA RI, Abdullah - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Pembuatan Surat Keterangan Caleg ke Pengadilan Gratis

Nasional pemilu serentak 2019
Fachri Audhia Hafiez • 06 Juli 2018 15:08
Jakarta: Mahkamah Agung (MA) memastikan pembuatan surat keterangan calon anggota legislatif ke pengadilan negeri maupun pengadilan militer tak dipungut biaya. MA telah mengeluarkan surat edaran terkait aturan itu.
 
Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Pemberlakuan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2016 terhadap semua jenis surat keterangan.
 
"MA menegaskan pembuatan surat keterangan bagi siapa pun termasuk calon legislatif atau sebagai persyaratan untuk menduduki jabatan publik apa saja kepada pengadilan ini tidak dipungut biaya," kata Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat MA RI, Abdullah, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat, 6 Juli 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Abdullah menjelaskan, sebagaimana diatur dalam angka empat SEMA Nomor 2 Tahun 2018 ini, merupakan pengecualian terhadap ketentuan huruf E angka 12 lampiran Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2008 tentang jenis dan tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) pada MA dan badan peradilan yang berada di bawahnya.
 
"SEMA Nomor 2 tahun 2018 menegaskan kepada seluruh peradilan umum dan peradilan militer dalam mengeluarkan surat keterangan tidak dibenarkan memungut biaya apa pun kepada para pemohon," tutur Abdullah.
 
Dia juga mengimbau jika ada pengadilan yang sudah memungut biaya pada pemohon untuk segera dikembalikan.
 
"Bagi peradilan umum dan peradilan militer yang telah terlanjur memungut biaya kepada para pemohon dengan alasan apa pun diminta untuk mengembalikannya," tegas Abdullah.

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi