KPU Mulai Susun Daftar Calon Sementara Pileg 2019
Ketua KPU Arief Budiman/Medcom.id/Adin
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) merampungkan verifikasi perbaikan berkas calon anggota legislatif Pemilu 2019. KPU segera mengumumkan daftar calon sementara (DCS) anggota legislatif.

"Tadi malam kami sudah rapat untuk semua hal itu (hasil verifikasi). Sekarang sudah masuk tahap penyusunan DCS," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Agustus 2018.

Baca: KPU Ajak Masyarakat Cegah Eks Napi Korupsi Nyaleg


Arief tak bisa memastikan apakah semua partai politik sudah mengganti bacalegnya yang tidak sesuai ketentuan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018. Dalam aturan itu, eks napi narkoba, kekerasan seksual terhadap anak, dan korupsi tak boleh dicalonkan sebagai anggota legislatif.

"Kita tunggu saja tanggal 12 Agustus apakah yang kemarin TMS sudah diganti atau tidak. Tapi yang jelas mantan terpidana itu kami nyatakan TMS dan kami kembalikan pada partai," ucap dia.

KPU akan membuka akses DCS kepada publik. Masyarakat bisa melaporkan apabila mengetahui ada bacaleg yang tak memenuhi syarat masih masuk dalam DCS.

KPU mulai menyusun DCS pada 8-12 Agustus 2018. KPU akan mengumumkan DCS anggota legislatif pada 12-14 Agustus 2018.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id