Ilustrasi TNI. Istimewa.
Ilustrasi TNI. Istimewa.

Mekanisme Pembahasan Pergantian Panglima TNI

Nasional mutasi perwira tni Joko Widodo presiden joko widodo panglima tni DPR RI
Fachri Audhia Hafiez • 15 September 2021 07:39
Jakarta: Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menjelaskan mekanisme pembahasan pergantian Panglima TNI. Pembahasan masih menunggu surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berisi usulan nama calon pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.
 
"Kita menunggu dan Presiden lah yang paling tahu, beliau akan menunjuk siapa dilihat dari kebutuhan bangsa saat ini," kata Meutya dikutip dari akun Instagram-nya, Rabu, 15 September 2021.
 
Menurut Meutya, DPR memiliki tenggat waktu 20 hari untuk memutuskan setelah surat dari Kepala Negara diterima. Sementara itu, masa sidang DPR diperkirakan berakhir pada 7 hingga 10 Oktober 2021 sebelum reses.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Surat tersebut bisa jadi masuk di saat itu dan surat tersebut bisa juga masuk di awal masa sidang berikutnya. Karena, kami akan mulai awal bulan November, dua-duanya masih bisa aja," kata Meutya.
 
Baca: DPR Masih Tunggu Surat Presiden Terkait Pergantian Panglima TNI
 
Politikus Partai Golkar itu menuturkan masa pensiun Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bukan dihitung dari tanggal kelahirannya pada 8 November. Namun, pada hari terakhir bulan kelahirannya.
 
"Artinya kalau beliau berulang tahun di 8 November, maka ada waktu sampai Akhir November sebelum beliau memasuki masa pensiun," ujar Meutya.
 
Meutya tak memungkiri terdapat kandidat kuat yang santer masuk bursa calon pemegang tongkat komando tertinggi di TNI. Keduanya ialah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.
 
"Semuanya berkompeten, tinggal Presiden nanti sekali lagi sesuai kebutuhan dan kepercayaan beliau yang mampu mengatasi tantangan-tantangan saat ini," ucap Meutya.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif