Ilustrasi/MI/Amiruddin Abdullah
Ilustrasi/MI/Amiruddin Abdullah

8 Parpol Sepakat Gunakan Materi Antikorupsi saat Pengaderan

Nasional kpk partai politik
Fachri Audhia Hafiez • 23 November 2020 16:19
Jakarta: Sebanyak delapan partai politik (parpol) menyepakati pemberian materi antikorupsi sebagai bagian pendidikan politik pada proses diklat atau pengaderan. Kesepakatan ini terbentuk hasil kerja sama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan parpol.
 
"Parpol bersepakat bahwa pendidikan politik yang di dalamnya ada materi antikorupsi. Kemudian dilakukan mulai tahun depan," kata Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Giri Suprapdiono, dalam konferensi pers daring focus group discussion (FGD) Insersi Pendidikan Antikorupsi pada Partai Politik, Senin, 23 November 2020.
 
Kegiatan ini diikuti PDIP, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai NasDem, PKB, PKS, PPP, dan Demokrat. KPK juga menggandeng Kementerian Dalam Negeri dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam kegiatan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemberian materi antikorupsi merupakan satu dari tujuh poin di dokumen penyelenggaraan pendidikan antikorupsi pada parpol yang disepakati. Partai sepakat bahwa integritas dan budaya antikorupsi merupakan cara ampuh untuk memberantas rasuah.
 
Ruang lingkup penerima pendidikan politik meliputi pengurus dan kader parpol, anggota legislatif, serta calon kepala dan wakil kepala daerah. Selain itu, parpol mesti menunjuk pejabat penghubung untuk mengimplementasikan kesepakatan itu dalam bentuk kegiatan deklarasi.
 
"Harapannya ketua umum partai politik akan melakukan deklarasi bersama tentang pendidikan antikorupsi bagi parpol, yaitu pendidikan politik yang di dalamnya ada materi antikorupsi," ucap Giri.
 
Menurut Giri, kegiatan ini penting dilakukan karena 36 persen kasus yang ditangani KPK melibatkan parpol. Kader partai diharapkan semakin berintegritas dari kegiatan.
 
"Sehingga penting menjadikan politik itu sebagai ranah dan segmen perbaikan," ucap Giri.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif